Breaking News

Jadi Calon BLUD, Ini Potensi SMKN 1 Lembar

Kepala SMKN 1 Lembar, Ahmad Quroni membeberkan sejumlah potensi sekolah, salah satunya budidaya udang Vaname, Selasa (12/09).

Lombok Barat (postkotantb.com)- SMKN 1 Lembar, Kabupaten Lombok Barat, merupakan salah satu SMK negeri di NTB, sebagai calon sekolah BLUD. Sekolah ini terpilih disebabkan beberapa keunggulan.

"Dari sekian banyak potensi, kami fokus terhadap produk jasa maupun hasil olahan," ungkap Kepala SMKN 1 Lembar, Ahmad Quroni diruangannya, Selasa (12/09).

Produk jasa yang dimaksud sebut dia, berupa, bengkel workshop servis dan pemeliharaan, pemasangan mesin kapal atau mesin tentel serta  fasilitas kapal untuk masyarakat nelayan di wilayah lembar.

"Jadi untuk servis atau pemeliharaan mesin kapal atau mesin Tentel dan lain sebagainya itu kami sudah siapkan," imbuhnya.

Selain itu lanjut Ahmad, saat ini pihaknya tengah mengembangkan budidaya udang Vaname dengan sistem Bio Flog atau Bak Bundar. Menurutnya, omset yang diperoleh dari budidaya udang Vaname cukup menguntungkan.

"Panennya per tiga bulan sekali. Tiap panen, kami bisa mengantongi omset Rp 16 Juta sampai dengan Rp 17 juta," bebernya.

Berikutnya produk olahan Ikan Marinasi dan olahan makanan hasil laut lainnya serta olahan pakan ikan.

"Kami baru bisa membuat olahan pakan tenggelam. Untuk yang terapung kami belum karena terkendala teknologi standarisasi pengolahan pakannya," katanya.

Kendati demikian, dari sekian banyak produk yan dihasilkan SMKN 1 Lembar, pihaknya memilih budidaya Udang Vaname sebagai branding. Hal ini disebabkan dalam setahun, pihaknya dapat melaksanakan panen 3 sampai 4 kali.

"Kalau saat ini volumenya masih kecil," jelasnya.(RIN)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close