Breaking News

Pentingnya Pelatihan Dasar Jurnalis Untuk Tangkal Berita Hoax

 



Kabid IKP Dinas Koninfotik NTB Harun Al Rasyid saat memberi sambutan.


Lombok Barat (postkotantb.com) - Media Kreatif Pribumi MKP Group bersama Serikat Media Siber Indonesia menggelar kegiatan Pelatihan Jurnalistik Dasar di Lombok Beach Hotel-Senggigi.

Kegiatan Pelatihan ini digelar selama 2 hari mulai tanggal 22-23 September 2023 dan dibuka langsung oleh Kadis Kominfo NTB Dr. Najjamudin Amy yang diwakili Kabid IKP Harun Al Rasyid.


Dalam sambutannya Kominfo NTB sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan jurnalistik, karena bisa meningkatkan kapasitas SDM kehumasan setiap OPD di NTB.

"Saya ingin berbicara sedikit tentang pentingnya profesi jurnalis dalam mendukung kebebasan berpendapat dan demokrasi. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, jurnalisme memiliki peran yang sangat vital dalam menyajikan informasi yang akurat, terpercaya, dan independen kepada masyarakat,"ujar Kabid IKP Diskominfotik NTB Harun Al Rasyid

Tak hanya itu, Kabid IKP Diskominfotik NTB juga menambahkan bahwa dalam era yang serba cepat ini, segala bentuk informasi dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja, di manapun dan kapanpun. Namun, bukan berarti semua informasi yang kita dapatkan adalah benar dan dapat dipercaya.

"Kita sering kali disuguhi dengan berita palsu atau bias, yang dapat menyesatkan dan mengganggu pemahaman kita tentang suatu isu. Karena itu, para jurnalis memiliki tanggung jawab yang besar dalam mewartakan fakta yang sebenarnya, menggali informasi yang akurat, serta menyampaikan berita dengan cara yang obyektif dan netral. Seorang jurnalis harus memiliki keterampilan untuk mengumpulkan data, menganalisis informasi, serta menuliskannya dalam bentuk berita yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca atau pendengar, " tuturnya.

Selain itu, ia juga menambahkan sebagai jurnalis, harus memiliki etika yang tinggi dalam menjalankan tugas dan harus menghormati prinsip-prinsip yang mengatur pekerjaan jurnalis, seperti keberanian dalam melaporkan kebenaran, menjaga kerahasiaan sumber informasi, serta menghindari konflik kepentingan yang dapat mempengaruhi objektivitas berita.


"Selama pelatihan ini, kami akan memberikan berbagai materi dan latihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan jurnalistik Anda. Kami akan membahas tentang etika jurnalistik, cara mengumpulkan informasi, menyusun berita, serta menggunakan teknologi digital dalam pekerjaan jurnalistik," ungkap Kabid IKP Diskominfotik NTB.

"Kami harap pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan sebagai jurnalis. Kami juga berharap kegiatan ini para peserta bisa mendapatkan manfaat dan pengalaman untuk memberikan kontribusi positif dalam dunia jurnalistik, serta mengedukasi masyarakat melalui berita-berita yang berkualitas," tutupnya

Sementara, Ketua KNPI DPD II Lombok Barat Hendra Harianto S.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program KNPI DPD II Lombok Barat.

Lebih lagi, Hendra yang juga merupakan anggota dewan lombok barat juga menjelaskan kegiatan pelatihan ini juga merupakan kolaborasi antara DPD II KNPI Lombok Barat dengan MKP Group bersama SMSI.

"Keterlibatan jurnalis sangat penting dalam kesuksesan pembangunan pemerintah daerah, "ujarnya.


Lebih lagi, Hendra juga mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalis ini sangat penting bagi pembangunan daerah dan DPD II KNPI Lombok Barat akan selalu mensuport.

"Banyak sekali berita hoax yang disampaikan oleh media yang tidak bertanggung jawab dan dengan pelatihan ini kita bisa memilah mana berita yang memang benar hasil karya jurnalistik dan mana yang berita hoax, " tutupnya. (Babe)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close