Breaking News

Ganggu Estetika Lingkungan, Warga Kelungkung Keluhkan Kabel Jaringan PLN

 


Tampak kabel PLN yang melewati rumah warga di Desa Klungkung kecamatan Batulanteh kabupaten Sumbawa. Foto Ist/ Irwanto Messa


Sumbawa Besar (postkotantb.com) - Masyarakat Desa Kelungkung, Kecamatan Batu Lanteh, Kabupaten Sumbawa Besar, NTB diresahkan dengan kabel listrik milik PLN yang terpasang amburadul. Kabel tersebut terbentang pada tembok pagar warga.

Tak jarang kabel listrik milik PLN digantung di halaman rumah warga dan kabelnya bersinggungan langsung dengan tembok dan tatanan milik warga.


''Kabel udara milik PLN tersebut terbentang di atas jalan atau bangunan dengan jarak yang sudah ditetapkan menurut standar keamanan kini terkesan asal-asalan,'' ujar salah seorang warga pada Selasa (21/11/2023).

Tidak sedikit kasus jarak kabel listrik yang terlalu dekat dengan rumah warga, sehingga memungkinkan potensi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.


Tidak sedikit juga warga yang terganggu dengan keberadaan kabel listrik yang berseliweran  melintasi pemukiman dan terkesan pemasangannya asal-asalan. Tidak menjaga keamanan dan kenyamanan warga, sehingga secara estetika sangat mengganggu.

''Kondisi ini cukup berbahaya, seperti rawan terjadinya kebakaran dan terganggunya aliran listrik yang berujung pada pemadaman listrik,'' sambung warga.

PLN secara PERPU Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja Pasal 42, dapat memasang tiang dan kabel listrik dimanapun sesuai kebutuhannya, sehingga pemasangan kabel sesuai standar keamanan dan keselamatan.


Terpisah, Eka Meylia Suryanti, Manager Unit Pelanggan Samawa Rea, saat dikonfirmasi postkotantb.com Rabu (22/11/2023) terkait hal itu menyatakan, terkait persoalan ini pihak PLN masih menunggu informasi dari Tim Inspeksi Jaringan untuk menindak lanjuti atau mengeksekusi tentang perbaikannya.

''Karena selama ini belum ada laporan tentang pemasangan kabel di Desa Kelungkung,'' ujarnya singkat. (Well)

 editor : Aminuddin

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close