Breaking News

Pertumbuhan IPM NTB Meningkat, Beasiswa Bagi Mahasiswa NTB Suatu Kebijakan yang Bermanfaat

 


Eddy Shopian.ST (kiri) Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila NTB bersama Sekwil Erwin Afandi. Foto Ist/Saprin Salam


Mataram (postkotantb.com) - Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila NTB Eddy Shopian, ST mengatakan, kebijakan beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa NTB, baik untuk perkuliahan di dalam negeri maupun luar negeri adalah suatu kebijakan yang bermanfaat. satu sisi, Pemprov NTB bisa mengikutsertakan sponsorship, dan tidak lagi membebani APBD.

Menurut Eddy, kebijakan beasiswa NTB, dapat memberikan kesempatan bagi warga NTB, untuk melanjutkan studi dengan berbagai pola, tanpa mereduksi kesempatan bagi warga NTB. Justru, membuka ruang seluas-luasnya untuk melanjutkan studi di mana saja.

Pada masa mendatang, ketika kesempatan melanjutkan studi kian lama kian banyak dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) NTB. Kini pun IPM NTB telah berada pada peringkat tujuh nasional.

''Artinya pertumbuhan IPM NTB mengalami peningkatan. Dari 71,65 poin pada tahun 2022, menjadi 72,37 pada tahun 2023,'' kata Eddy Shopian.ST, hanya saja bagaimana solusinya agar jangan membebani APBD, mungkin dengan cara sponsorship (melibatkan dengan pihak ketiga) imbuhnya  Sabtu (25/11/2023).

Adapun kebijakan tahun 2024, direncanakan bukan untuk menghapus kebijakan beasiswa NTB seperti yang beredar sebelumnya. Pemprov NTB, tetap menganggarkan penyelesaian studi bagi mahasiswa penerima beasiswa hingga selesai studi. Artinya kebijakan beasiswa tetap ada pada tahun 2024. Tiap beasiswa memiliki interval waktunya.

Adapun yang baru adalah adanya pola  memberikan kesempatan kepada seluruh warga NTB, untuk mengikuti test TOEFL/IELS sebagai prasyarat mutlak kelanjutan studi terutama pascasarjana. Selain itu pula Pemprov NTB, membuka peluang kerjasama nyata, beasiswa dengan Perguruan Tinggi Dalam Negeri maupun Perguruan Tinggi Luar Negeri serta Perusahaan Filantropi Pendidikan, BUMN/BUMD yang mengalokasikan beasiswa pendidikan untuk warga NTB.

Dengan pola seperti ini, bisa lebih banyak lagi warga NTB yang mendapatkan kesempatan melanjutkan studi, terutama bagi warga yang memiliki kualifikasi kepandaian, afirmatif keterpencilan, afirmatif ketidakmampuan, serta afirmatif keorganisasian.

Dapat disampaikan pula, informasi dalam waktu dekat, Pemprov NTB melalui Brida NTB bekerja sama dengan Indonesia Scholarship Center (ISC), LPP NTB, Universitas Mataram menyelenggarakan World Indonesia Scholarship (Wish) Festival atau Festival Melek Masa Depan pada tanggal 25 November 2023 bertempat di Auditorium M.Yusuf Abubakar Unram.

''Mari kita datangi dan gunakan kesempatan sebaik-baiknya,'' seru Eddy.

Ketika anggaran daerah tidak mencukupi, maka pemprov tidak wajib memberi beasiswa ke luar negeri. Banyak Perguruan tinggi Indonesia yang sudah bertaraf Internasional. Ada UGM, UI, ITB, Airlangga termasuk Unram.

''Pengiriman beasiswa juga harus disesuakan juga dengan kebutuhan daerah,'' tandasnya. (Babe)

Editor : Aminuddin

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close