Breaking News

Pemda KSB Inisiasi Kerjasama Pendidikan Kedokteran dengan Universitas Mataram

 


Foto Istimewa


Sumbawa Barat (postkotantb.com) - Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H.W.Musyafirin, MM, menginisiasi untuk dilaksanakannya kerjasama antara Pemda KSB dengan Universitas Mataram (Unram) untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama di bidang kesehatan.

Program tersebut berupa pendidikan kedokteran untuk putra putri terbaik asal Sumbawa Barat. Pemda KSB dan Unram kedepannya akan membangun kerjasama khusus untuk mengakomodir putra putri terbaik KSB agar bisa menempuh pendidikan kedokteran di Universitas Mataram.

‘’Kerjasama ini semata-mata untuk peningkatan SDM terutama di bidang kesehatan. Bagaimana ke depan, putra putri terbaik KSB bisa kuliah kedokteran di Unram,’’ jelas Bupati Sumbawa Barat, H.W.Musyafirin didampingi Sekda KSB, H. Amar Nurmansyah usai menerima kunjungan rektor Unram Prof. Bambang Hari Kusumo di ruang kerjanya, kemarin.

Bidang kesehatan termasuk menjadi salah satu fokus utama yang saat ini tengah dibangun Pemda KSB. Pemerintah menginginkan, ke depan kebutuhan dokter di KSB bisa diisi putra putri terbaik KSB.


‘’Belajar dari pengalaman kita beberapa tahun terakhir, formasi dokter umum maupun spesialis itu sulit sekali terisi. Terakhir, lowongan PPPK untuk 18 tenaga dokter, hanya dua yang daftar,’’ paparnya.

Pertemuan singkat dengan rektor Unram ini tentunya membawa angin segar bagi Sumbawa Barat. Pada pertemuan itu, bupati juga mendengarkan langsung pemaparan yang disampaikan Prof Bambang Hari Kusumo tentang sejumlah program studi (prodi) yang saat ini di buka Unram, termasuk fakultas kedokteran.

‘’Khusus kedokteran ini kita respons baik. Bagaimana nanti ada kuoata khusus yang akan diberikan untuk putra-putri terbaik KSB,’’ harapnya.

Untuk tahap awal program kerjasama yang akan dibangun Pemda KSB dengan Unram ini akan mengambil lulusan terbaik di sejumlah sekolah SMA yang ada di Sumbawa Barat. Termasuk putra-putri KSB yang saat ini tengah menempuh pendidikan SMA di luar KSB. ‘’Nanti untuk kouta yang disiapkan khusus KSB, mereka cukup bersaing secara internal dengan siswa dari KSB,’’ urainya.

Pemda KSB diakuinya berharap mendapat kuota maksimal untuk program ini. Sementara untuk skema kerjasama yang dibangun akan difinalkan bersamaan dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) pada 15 Januari 2024 mendatang.

‘’Bagaimana tehnis kerjasamanya nanti akan kita finalkan lagi. Yang jelas, semangat kita untuk kerjasama ini karena kita masih sangat kekurangan tenaga dokter yang berasal dari KSB,’’ paparnya.

Kerjasama yang akan dibangun Pemda KSB ini juga mendapat respons positif dari Rektor Unram. Saat ini, Unram tinggal mengkalkulasikan kouta untuk KSB. ‘’Di sana ada tiga jalur yaitu prestasi, seleksi bersama dan mandiri. Nanti masuknya lewat jalur mana, ini juga akan dibahas lebih lanjut,’’ terangnya.

Kerjasama peningkatan SDM khusus untuk putra-putri Sumbawa Barat ini sebenarnya bukan kali ini saja dilakukan Pemda KSB. Sebelumnya, Pemda KSB membangun kerjasama dan kemitraan dengan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD). Pemda KSB mendapat enam kouta, kouta ini kemudian diperebutkan putra putri terbaik KSB.
‘’Mereka bersaing sesama KSB. Nah ini yang ingin kita dorong juga melalui kerjasama dengan Unram ini,’’ tukasnya.


Kerjasama lain yang mungkin akan dilakukan dengan fakultas kedokteran Unram ini adalah pendidikan lanjutan untuk dokter spesialis.
‘’Ini juga yang ingin kita kerjasamakan, bagaimana dokter umum dari KSB diprioritaskan lulus untuk menempuh pendidikan dokter spesialis,’’ tambahnya. (Amry)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close