Breaking News

Penanaman Pohon Serentak, Aksi Nyata KLHK Mitigasi Perubahan Iklim di NTB

Dok RIN.

Lombok Tengah (postkotantb.com)- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), kembali menggelar 'Penanaman Pohon Serentak' di NTB, di Desa Persiapan Nandus, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Minggu (14/01).

Kegiatan ini, merupakan kelanjutan dari penanaman serentak Tanggal 30 Desember 2023, dengan luas lahan sekitar 1 hektare. Kegiatan ini dipimpin secara langsung Wakil Presiden Indonesia, melalui zoom dari Provinsi Banten, dan diikuti penanaman secara serempak di seluruh provinsi di Indonesia.

Staf Ahli KLHK Bidang Energi, Haruni Krisnawati mengatakan, kegiatan penanaman serentak ini merupakan bentuk komitmen dan aksi nyata KLHK, dalam upaya mitigasi perubahan iklim, memulihkan kualitas lingkungan hidup dan mempercepat rehabilitasi hutan dan lahan (RHL).

"Untuk jenis bibit pohon yang ditanam, yaitu bibit Gmelina, Sengon, Nangka, Kemiri, Kaliandra, dan Lamtoro, sejumlah 300 batang yang berasal dari kegiatan Kebun Bibit Rakyat (KBR) Kelompok Tani Setia Kawan Tahun 2023," sebutnya.

Ia menambahkan, KLHK akan melanjutkan kegiatan penanaman di seluruh lokasi areal rehabilitasi hutan dan lahan yang telah ditetapkan. Hal ini sekaligus sebagai langkah nyata untuk terus melakukan penanaman pohon bersama seluruh elemen masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Sementara itu, Kepala Dinas ESDM NTB, H Sahdan,  menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas diselenggarakannya kegiatan penanaman serentak di NTB. Menurutnya, kegiatan ini sebagai bagian dari upaya memperbaiki kondisi lingkungan dan meningkatkan stok karbon.

"Kami berharap, kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan terus menerus," harap Sahdan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Perbenihan Tanaman Hutan,  Kepala UPT KLHK NTB, Dinas LHK NTB, BKPH Pelangan Tastura, TNI/Polri, Forkopimda Loteng, Pelajar/Mahasiswa, Green Ambassador serta anggota Kelompok Tani KBR Setia Kawan.(RIN/DY/N-1)
 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close