Breaking News

Akur, masyarakat Indonesia di Turki Deklarasikan Pemilu Damai

 


Turki (postkotantb.com) - Masyarakat Indonesia di Turki mendeklarasikan Pemilu damai, Sabtu (3/2/2024). Deklarasi diinisiasi PPLN Ankara dan PPLN Istanbul, menghadirkan stakeholders Pemilu dan sejumlah perwakilan komunitas masyarakat Indonesia di Turki. Hadir pada acara deklarasi adalah saksi paslon dan partai, organisasi kepemudaan, kemahasiswaan, dan pasangan menikah dengan WN Turki.

Deklarasi yang berlangsung di Liva Restaurant, Ankara, Turki tersebut disaksikan oleh Dubes RI untuk Turki, Achmad Rizal Purnama dan Konjen RI Istanbul, Darianto Harsono.

''PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) Turki selaku komponen masyarakat terbesar di Turki berharap Pemilu 2024 terlaksana dengan baik dan lancar. PPI Turki berkomitmen tidak memihak salah satu partai atau paslon," ungkap Mindy Syailah, perwakilan PPI Turki yang hadir.

''Perwakilan RI di luar negeri perlu terus mendorong upaya untuk menegakkan prinsip-prinsip Pemilu yang jujur, akuntabel dan transparan untuk sukseskan Pemilu damai,'' cetus Dubes Rizal usai deklarasi.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Dubes Rizal menekankan bahwa kesuksesan Pemilu yang jujur dan adil merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen bangsa Indonesia di Turki.

''Kita semua harus mengawal Pemilu 2024 untuk memilih pemimpin terbaik Indonesia guna mencapai Indonesia emas tahun 2045. Kesuksesan Pemilu Indonesia tahun 2024 juga untuk menujukkan kematangan demokrasi Indonesia kepada dunia termasuk kepada Turki,'' tutup Dubes Rizal.

''Dengan jumlah 6.161 suara, kami perlu kuatkan konsolidasi di tingkat masyarakat Indonesia di Turki dan menghindari perpecahan,'' timpal Konjen Darianto.


PPLN Ankara dan PPLN Istambul menyampaikan pihaknya meminta dukungan seluruh pihak dalam penyelenggaraan Pemilu agar dapat mencapai jumlah partisipasi pemilih yang tinggi, dan berlangsung dengan Luber (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil).

Deklarasi berisi komitmen melaksanakan Pemilu yang Luber; mewujudkan Pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi suku, agama, ras dan antar golongan serta tanpa politik uang, dan; berpartisipasi dalam Pemilu, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pemilu di Turki akan dilangsungkan pada 11 Februari 2024 di tiga TPS yakni Ankara, Istanbul dan Sakarya. Terdapat Kotak Suara Keliling (KSK) di 4 kota yang merupakan kantong masyarakat di Turki. Masyarakat Indonesia di Turki umumnya adalah pelajar level SMA, S1 hingga S3-, pasangan menikah dengan WN Turki, terapis spa dan ekspatriat. (irs)


0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close