Breaking News

MTs.Neg 4 Gerung Dikunjungi STIKMA Sosialisasikan Tiga Hal Ini

 

MTs.Neg 4 Gerung Dikunjungi STIKMA Sosialisasikan Tiga Hal Ini
Haeril Anwar, S.Pd.I Kepala MTs Negeri 4 Gerung Lombok Barat. Foto Ist/Lalu Irsyadi
Lombok Barat (postkotantb.com) - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 4 Gerung Lombok Barat (Lobar) terpilih menjadi lokus kunjungan STIKMA bersama Puskesmas Gerung, Minggu (3/2/2024).

Kedatangan dua pihak tersebut bermaksud untuk mensosialisasikan 3 hal terkait depresi nak, kekerasaan seksual, dan pemeriksaan HB.

"Kami berterimakasih kepada STIKMA dan Puskesmas Gerung, kegiatan ini sangat bermanfaat membantu menambah pengetahuan kami dan anak-anak cara menanggulangi hal tersebut," kata Haeril Anwar,S.Pd.i Kepala MTs.N 4 Gerung, Sabtu ( 03/02/24 ).


Menurutnya, materi yang dibawa cukup mengena dengan kondisi peserta didik. Banyak peserta didik yang mengalami depresi karena punya latar belakang broken home, tinggal di panti asuhan, keluarga ekonomi lemah, bahkan ada juga yang pantas sekolah di SLB.

Ilmu yang disalurkan oleh STIKMA, selanjutnya akan siap diterapkan oleh Haeril Anwar.

Selama ini, PKBM di MTs.N 4 sendiri, ulasnya, sudah menjalankan sistem atau program yang mengontrol perkembangan peserta didik. Mengawal tumbuh kembangnya supaya jauh dari pendewasaan dini dan terjerumus pergaulan bebas. Termasuk menyaring penggunaan tekhnologi agar tidak mengakses situs negatif, melainkan tetap dipergunakan untuk media pembelajaran.

Khusus terkait kesehatan anak, sudah ada UKS untuk menanggulangi pengobatan jika sewaktu-waktu butuh penanganan darurat.

"Kami terus godok anak-anak. Salah satunya lewat imtaq dan ekstrakulikuler seperti Pramuka, Hadroh, Paskibraka, dan Karate," tukasnya.

Dari segala upaya pemajuan sekolah, estimasi serapan siswa setiap tahun bertambah. Sekarang sudah di angka 90-an anak berasal dari 3 kecamatan yakni Gerung, Lembar, dan Labuapi.

Murhani perwakilan Puskesmas Gerung melengkapi, kunjungan yang dilakukan meliputi dua kegitan yaitu pemeriksaan kesehatan anak usia sekolah dasar dan remaja.

Di mana salah satunya yakni pemeriksaan HB untuk siswa perempuan kelas 8 dan 9. Kemudian kegiatan kedua merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Masyarakat (STIKM) yaitu melakukan penyuluhan dengan tema Kekerasan Seksual dan Harga Diri Rendah.

"Ini kegiatan rutin kami dari puskesmas. Jadi indikator program UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) yaitu pemeriksaaan kesehatan anak usia pendidikan dasar dan remaja," tuturnya.


Kegiatan rutin di seluruh sekolah yang ada di wilayah Puskesmas Gerung. Alasan dipilihnya MTsN 4 Lobar karena selama ini pihak sekolah selalu welcome, semangat dan mendukung setiap kegiatan kesehatan yang melibatkan sekolah.
Kebetulan, ungkapnya, Ia mengikuti sekali fase perubahan dan perkembangan MTs.N 4 Gerung. Dulunya, hanya sekolah yang dibawahi oleh Yayasan bernama MTs Bina Citra Insani dan sekarang sudah menjadi salah satu sekolah Negeri.

"Insha Alloh kan bertambah maju ke depannya, saya wakili institusi mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah yang tidak sekalipun mempersulit kami setiap berkegiatan," tandasnya. (irs)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close