Breaking News

Gubernur Kaltara Letakkan Batu Pertama Pembangunan Asrama Mahasiswa Kaltara di Sumbawa Besar

 


Sumbawa Besar (postkotantb.com) -
Gubernur Kaltara, Brigjend (Purn) Drs. H. Zainal A.Paliwang SH,M.Hum melakukan peletakan batu pertama gedung asrama mahasiswa asal Kalimantan Utara bertempat di Desa Nijang Kecamatan Unter Iwes Sumbawa Besar, Senin sore (11/03/2024).

Kegiatan peletakan batu pertama asrama mahasiswa/mahasiswi kalimantan utara itu, dihadiri langsung Gubernur Kaltara, masyarakat setempat, serta para mahasiswa kaltara.

Peletakan batu pertama pembangunan asrama mahasiswa Kaltara diawali oleh Gubernur Kaltara, H.Zainal Paliwang kemudian diikuti pemuka agama dan tokoh masyarakat Desa Nijang, serta perwakilan mahasiswa Kaltara.

Pembangunan asrama mahasiswa Kaltara ini dioerkirakan akan menelan anggaran sekitar Rp. 16 miliar yang bersumber dari APBD Propinsi Kaltara. Pembangunan gedung asrama mahasiswa Kaltara direncanakan mulai dikerjakan usai hari raya idul fitri tahun ini, di atas lahan seluas 27 are dengan type dua gedung kembar berlantai dua, dilengkapi meeting room dan cafe, serta kamar tamu.


Ada sekitar 287 mahasiswa Kaltara yang mengenyam oendidikan di bangku kuliah kampus UTS. Mereka ada yang tinggal di kos, ada yang tinggal di home stay yang dibangun di lingkungan Tanjung Menangis 4 Kelurahan Brang Biji, dan sebagian tinggal di Hotel Sutan.

Ketika ditemui wartawan usai peletakan batu pertama pembangunan asrama mahasiswa Kaltara, Gubernur Kaltara H.Zainal Paliwang mengatakan, bahwa proses ini dilakukan sejak Tahun 2022 lalu. secara administrasi  sudah sesuai aturan, alhamdulillah tahun ini akan dikerjakan dan InsyaAllah akan selesai pada tahun ini juga sehingga asrama mahasiswa/mahasiswi dari Kalimantan Utara tidak mengontrak lagi dan bisa menggunakan asrama ini.

"selain di Sumbawa, sudah ada dibangun dan ditempati asrama mahasiswa kaltara di Jogja, ada juga di Malang dan di Samarinda", ungkap Mantan Wakapolda Kaltara ini.

Ditegaskan Gubernur Kaltara, keberadaan asrama mahasiswa ini dihajatkan untuk mempersiapkan generasi muda, generasi-generasi penerus Kalimantan Utara yakni dengan mempersiapkan SDM yang tangguh, SDM yang hebat untuk bisa melanjutkan pembangunan di Kalimantan Utara.


"setelah pembangunan asrama selesai, para mahasiswa tinggal menempatinya secara gratis. masalah pembayaran listrik dan air akan dibayar oleh Pemprov Kaltara, mereka disini khususnya untuk belajar, menimbah ilmu", tandas pejabat humanis ini.

Menanggapi pembangunan gedung asrama mahasiswa Kaltara di Sumbawa Besar, Ketua Persatuan Mahasiswa Kaltara (PMKU), Reynaldi, mengaku sangat bangga.

"Mahasiswa Kaltara merasa sangat puas dan sangat membanggakan sekali, dimana Pak Gubernur sendiri melihat langsung kondisi mereka dan sangat memperhatikan keberadaan mahasiswa Kaltara di sumbawa besar. inilah bentuk keseriusan serta perhatian dari seorang ayah, seorang orang tua yang peduli dan benar - benar melihat  anak-anaknya yang lagi menuntut pendidikan di luar Kalimantan Utara. Gubernur Kaltara sangat serius memfasilitasi kami sebuah penginap, sebuah tempat tinggal yang begitu bagus seperti hotel", ungkapnya.


Reynaldi berharap agar pembangunan gedung asrama mahasiswa ini segera dikerjakan, supaya ada tempat tinggal yang layak karena selama mahasiswa asal Kaltara ada yang tinggal disana sini, ada yang tinggal di Tanjung menangis Kelurahan Brang Biji, ada yang kos di Desa Batu Alang, ujarnya.
 
"ketika mereka mendengar akan adanya pembangunan asrama permanen, Alhamdulillah semua sangat gembira. hitung-hitung untuk mengurangi pengeluaran dari orang tua, jika pembangunan asrama ini sudah tuntas, mahasiswa tidak akan memikirkan lagi biaya untuk membayar kost", tandasnya. (Red)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close