Breaking News

Lestarikan Budaya Lokal, Babinsa Ajak Tokoh Adat Bentuk Lomba Kelompok Gansing

 


Lombok Tengah (postkotantb.com) - Budaya lokal Indonesia terus menghadapi tantangan dalam era modernisasi. Untuk menjaga keberlanjutannya, Babinsa Pendem Sertu Umardani, melakukan komunikasi sosial dengan mengajak para tokoh adat untuk mempertahankan tradisi leluhur.

Salah satu langkah konkret yang diambil adalah dengan menginisiasi menggelar lomba kelompok Gansing, sebuah permainan tradisional yang masih terjaga di beberapa daerah di Indonesia.

"Permainan Gansing memiliki nilai historis dan kultural yang tinggi. Namun, semakin tergeser oleh budaya modern sehingga perlu ada upaya untuk memperkenalkannya kembali kepada generasi muda," ujar Umar Dani.

Menurutnya, melalui lomba kelompok Gansing, diharapkan akan muncul semangat untuk melestarikan budaya lokal serta meningkatkan apresiasi terhadap warisan nenek moyang suku Sasak di pulau Lombok agar tidak punah dan terlupakan.

"Karena nantinya lomba kelompok Gansing ini juga akan menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi antar warga dan membangun kebersamaan dalam komunitas," terang Umar saat mengecek model Gansing di rumah salah satu todat di Desa Pendem Kamis, (28/3/2024).

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan sosial dan budaya masyarakat setempat.

"Tidak hanya sebagai sarana hiburan semata, lomba ini juga menjadi momentum untuk mengenalkan kepada masyarakat luas akan pentingnya menjaga dan melestarikan budaya lokal," ucapnya.

Dengan begitu, diharapkan akan ada perhatian lebih besar dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, untuk mendukung upaya pelestarian budaya.

Keterlibatan Babinsa sebagai penggerak utama dalam penyelenggaraan lomba ini juga menjadi bukti bahwa peran TNI tidak hanya sebatas dalam ranah keamanan, tetapi juga memiliki peran yang signifikan dalam pembangunan sosial dan budaya di tingkat lokal.


Dengan adanya lomba kelompok Gansing yang digagas oleh Babinsa bersama Todat, diharapkan budaya lokal dapat terus lestari dan tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas bangsa Indonesia.

Langkah konkret seperti ini akan menjadi investasi berharga bagi masa depan bangsa, yang memperkokoh keberagaman budaya Indonesia dalam bingkai persatuan dan kesatuan," tandas Umar. (Red)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close