Breaking News

Majlis Ta'lim Darunnajah Al-Irsyadi Mamben Gelar LDKP, Cetak Pemimpin Masa Depan yang Islami

 


Lombok Timur (postkotantb.com) - Majlis Ta'lim Darunnajah Al-Irsyadi Mamben Lombok Timur menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Pengurus (LDKP) di Sembalun Cahaya Camp Lombok, Kecamatan Sembalun. Kegiatan LDKP digelar pada 10 Maret 2024 lalu diikuti para pengurus baru Majlis Ta'lim Darunnajah Al-Irsyadi Mamben sejumlah 17 orang dengan masa bakti 1445-1447 H.

Dalam kegiatan tersebut pihak panitia menghadirkan narasumber dari Perkumpulan Organisasi Pengelola Zakat, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Majelis Ulama Indonesia Pusat. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dewan Pembina Majlis Ta'lim Darunnajah Al-Irsyadi, Abdul Hanan. Pada pembukaan tersebut dia menyampaikan kepada peserta betapa pentingnya LDKP bagi pengurus baru yang telah dilantik atau dikukuhkan pada 13 Februari 2024 agar memiliki komptensi dasar dalam menggerakkan roda organisasi.


"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memahami apa itu organisasi, apa itu kepemimpinan, bagaimana merencanakan dan peran apa yang harus dilakukan sebagai pengurus majlis ta'lim," ujarnya.

Irham, selaku Sekretaris Dewan Pengawas Majlis menyampaikan, bahwa kegiatan LDKP dilaksanakan secara rutin dengan peserta pengurus baru diharapkan akan melanjutkan estafet kepemimpinan. Sementara itu Ketua Umum Perkumpulan Organisasi Pengelola Zakat Dr.KH. Moch. Bukhori Muslim, Lc. MA menyampaikan tentang kepemimpinan muda, cara-cara memimpin yang islami, fungsi kepemimpinan, tanggung jawab pemimpin dan lain sebagainya.

Selanjutnya, Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memaparkan pengertian organisasi, prasyarat organisasi, mekanisme pelaksanaan tugas, hirarki organisasi, tipe organisasi yang islami, trik menjaga keutuhan organisasi dan lainnya.

Sedangkan Direktur Bidang Ekonomi Syariah, Lembaga Sertifikasi Profesi Majelis Ulama Indonedia (LSP MUI) pada kegiatan tersebut menjelaskan posisi majlis.

''LSP MUI mendukung penuh program yang dilaksanakan dalam kegiatan Majlis Ta'lim,'' katanya.

Sementara itu Datu Shalawat Lombok Ust. Ahmad Asdaruddin, S.Sos, menyambut kegiatan LDKP yang diselenggarakan Majlis Ta'lim Darunnajah Al-Irsyadi. Menurutnya, kegiatan LDKP sangat penting guna mempersiapkan para pemimpin di masa depan, apalagi Majlis Ta'lim Darunnajah Al-Irsyadi merupakan salah satu organisasi yang tentunya akan melaksanakan berbagai program maupun kegiatan-kegiatan keummatan nantinya.

Ustad Asdar mengharapkan dengan pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan skill berorganisasi dan kepemimpinan yang baik dan bertanggungjawab, serta mampu meningkatkan dan mengembangkan wawasan dalam melaksanakan tugas-tugas kepemimpinan, khususnya dilingkungan Majlis Ta'lim Darunnajah A l-Irsyadi Mamben- dan di masyarakat.


"Pelaksanaan LDKP harus mampu mendorong potensi  kepemimpinan di lingkungan Majlis Ta'lim Darunnajah A l-Irsyadi Mamben Lombok Timur, meningkatkan pola pikir, sikap dan perilaku, serta kepribadian, budi pekerti, sopan santun dan kedisiplinan para pengurus kita,'' lanjutnya.

Adapun panitia pelaksanaan dalam kegiatan  tersebut adalah Nur Mira Azrina, S.Pd, Rohaimi, Miswati, Azwar Anas, Bahrudin, Wardiatu Hikmah, dan lainnya. (Babe)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close