Breaking News

Politeknik Pelayaran Surabaya Bekerjasama dengan SMKN 1 Alas Dalam Rangka Melaksanakan Diklat

.


Sumbawa Besar (poskotantb.com) - Politeknik Pelayaran Surabaya menjalin kerjasama dengan SMKN 1 Alas. Sebagai salah satu bentuk kerjasama, Politeknik Pelayaran Surabaya menggelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat angkatan ke III tahun 2024 di SMKN 1 Alas, Jumat (01/03/2024) lalu. Pesertanya diikuti dari SMK Kemaritiman se-NTB, yakni SMKN 1 Keruak Lombok Timur, SMKN 1 Seteluk Sumbawa Barat, SMKN 1 Alas Kabupaten Sumbawa, SMKN 1 Lampo dan SMKN II Wera.

"Totalnya ada 275 orang yang ikut dalam kegiatan Diklat itu. Mereka merupakan perwakilan masing masing dari 5 SMK kemaritiman yang ada di NTB," ujar Kepala SMKN 1 Alas, Budi Susilo,S.Pd.M.M.Inov kepada postkotantb.com, Jumat (15/03/2024).


Bagi peserta yang ikut dalam kegiatan itu kata Budi, mendapatkan sertifikat Internasional yang berstandar Organisasi Maritim Internasional (IMO). Di mana untuk mendapatkan basic yakni Basic Safety Training (BST), Security Awareness Training (SAT) dan Advance Fire Fighting (AFF).

Lanjut Budi, kegiatan Ani akan berlangsung selama 14 hari. Namun mengingat cuaca yang kurang bersahaja maka Diklat dilaksanakan sembilan hari.

"Manfaat kegiatan BST ini, anak-anak nantinya akan mendapatkan Sertifikat internasional secara gratis," ungkapnya.

Budi juga mengatakan bahwa kegiatan Pembelajaran nya dilaksanakan di SMKN 1 Alas dengan dosen-dosen dari Politeknik Pelayaran Surabaya. Kemudian praktek-praktek yang dilaksanakan adalah pemadam kebakaran yang berlangsung di lapangan SMKN 1 Alas dengan menggunakan tabung oksigen serta mobil pemadam kebakaran, sekaligus praktek cara menyelamatkan diri di tengah laut berlangsung di Dermaga Labuhan Alas dengan menggunakan perahu nelayan dan kapal SMK.


Sementara KCD Diknas Kabupaten Sumbawa, Nasrullah Darwis, M.Pd mengatakan, untuk bisa membangun dan memajukan sekolah, tidak hanya mengandalkan Dana Bos dan BPT, ataupun bantuan dari Pemerintah saja. Sehingga dengan adanya kerja sama dengan Politeknik Pelayaran Surabaya ini merupakan langkah baik untuk membackup  anak-anak berprestasi. (Lalu)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close