Breaking News

Undangan Padati Safari Ramadhan, Wabup Nursiah Sebut Bukti Antusias Semua Pihak Bangun Loteng

 

Undangan Padati Safari Ramadhan, Wabup Nursiah Sebut Bukti Antusias Semua Pihak Bangun Loteng
Wabup Dr.H.M Nursiah saat menyampaikan progres pembangunan Loteng di hadapan peserta Safari Ramadhan Kecamatan Praya Barat Daya, Kamis (14/03/2024). Foto Ist/Lalu Irsyadi/postkotantb.com
Lombok Tengah (postkotantb.com) - Tingkat kehadiran parangkat birokrasi mulai dari unsur pimpinan OPD lingkup Pemerintahan Kabupaten Lombok Tengah, hingga segenap Pemerintahan Desa se-Kecamatan Praya Barat Daya, dalam kegiatan Safari Ramadhan Wakil Bupati Dr.H.M.Nursiah beserta rombongan dapat dikatakan hampir 99 persen.

Antusiasme peserta undangan menunjukkan semangat kerbersamaan dan persatuan yang solid untuk sama-sama membangun Lombok Tengah.

"Jumlah undangan yang kami sebar capai 857 buah ke seluruh Desa," kata Canat Praya Barat Daya, HM.Rumetan dalam sambutannya, Kamis malam (14/03/2024).


Dikesempatan itu, Rumetan menyampaikan perkembangan situasi kondisi Prabarda terkini terutama pasca Pemilu 2024.

" Alhamdulillah, sekarang Prabarda aman terkendali berkat kesigapan TNI-Polri dan peran Kepala Desa serta upaya bersama semua pihak lalui pemilu dengan baik walau sempat terkendala," syukurnya.

Selanjutnya, Rumetan meminta petunjuk dan petuah ke Wabup Nursiah, agar mendapat arahan menjalankan pemerintahan di kecamatan Prabarda.

Wakil Bupati Lombok tengah Dr. HM. Nursiah sangat berterimakasih atas sambutan camat dan seluruh perangkat Desa dan masyarakat Praya Barat Daya.

Nursiah memandang pergerakan kemajuan di Praya Barat Daya yang nampak dari pembangunan sektor Pariwisata di wilayah Desa Montong Ajan, dengan pembangunam Hotel dan Villa yang masif sebagai salah satu penyumbang pertumbuhan ekonomi Lombok Tengah.

" Pertumbuhan ekonomi Loteng capai 77 persen yang terus meningkat dari 4,03 persen usai covid-19," paparnya.

Melalui kegiatan Safari Ramadhan, Wabup Nursiah meyampaikan program Pemda, agar masyarakat tahu secara utuh informasi progres layanan dan capaian Pemda.

Dapat dijelaskan, beberapa program pendukung pertumbuhan ekonomi Loteng antara lain :
Dengan Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) contohnya bagi para pelaku UMKM dan IKM. Pemda hadir hubungkan pelaku usaha dan sumber permodalan serta pemasaran. Indikatornya, pembangunan toko dan kios usaha masyarakat terus bergeliat dan merata hampir di seluruh Desa. Hal lain, Pemda permudah Perizinan untuk kelancaran iklim investasi. Jalan di Loteng sudah 88 persen status mantap.

Kemudian, Prabarda sebagai sampel kemajuan kini sudah terbangun 2 (dua) Puskesmas di Darek dan Batu Jangkih. Kemajuan pembangunan Faskes turut turunkan angka stunting hingga 10,24 persen.

" Loteng terus berusaha raih UHC, saat ini sudah capai 98 persen, jadi tidak ada alasan masyarakat tidak terdaftar BPJS, cukup tunjukkan KTP nya, maka bisa berobat," terangnya.

Sementara, pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) melalui Dinas Perkim terus berlangsung.

Berbicara data kependudukan, Dinas Dukcapil sudah tuntaskan 98 persen.Grafik IPM Loteng sendiri terus beranjak naik. Tahun 2023 sentuh angka 70,41 poin. Peningkatan usia harapan hidup masyarakat Loteng rata-rata 63 tahun lebih.

Peningkatan daya beli masyarakat melalui program pasar murah, bantuan sosial dan lainnya melonjak. Motor Kadus 100 persen lunas. Kartu maiq meres utk tuan guru lancar, koordinir anak yatim istiqomah ditangani Baznas.

10 orang yatim yang tahfidz sudah mendapat beasiswa kuliah di Unram dan Unizar. Mall pelayanan publik bergeliat mudahkan pelayanan. Insentif Merebot masjid lancar, dan banyak lagi yang lainnya.


" Program unggulan tersebut perlu dilanjutkan, walau keterbatasan anggaran tapi alhamdulillah Pemda bisa optimalisasi keuangan salah satunya dengan intens koordinasi dengan Kementerian atau Pemerintah pusat," lugasnya.

Safari Ramadhan berakhir sekitar pukul 23.00. Seluruh peserta tampak puas dengan capaian Loteng dan dari sentilan l-sentilan pembicaraan, masyarakat sangat berharap melanjutkan terus program dan upaya baik itu. (Irs)

Editor : Aminuddin


0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close