Breaking News

Utusan MAN 2 Mataram Kantongi Golden Ticket Usai Menjuarai IYEN Award

MAN 2 Mataram
inilah ketiga siswi MAN 2 Mataram yang mendapatkan Juara di IYEN Award. Diantaranya Alya Naila Azzahra raih juara 1 Kategori Best Video dan Juara 2 Best Project Video Innovation, Najwa Zahra Marshanna Zikra menjadi Best Delegate dan Juara 2 Best Presentation dan Amelia Safira Fitri juara 2 Best Video Inovation dan Juara 3 Best Presentation. (Ist)

Mataram (postkotantb.com) - Tiga Siswi utusan MAN 2 Mataram sukses mengantongi juara pada event Indonesia Youth Exurcion Network (IYEN Award) yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia dari Tanggal 26 sampai 29 Februari 2024 lalu.

Ketiga siswi MAN 2 Mataram tersebut diantaranya Alya Naila Azzahra peraih juara 1 Kategori Best Video dan Juara 2 Best Project Video Innovation, Najwa Zahra Marshanna Zikra menjadi Best Delegate dan Juara 2 Best Presentation, serta Amelia Safira Fitri peraih juara 2 Best Video Inovation dan Juara 3 Best Presentation.

Kepala MAN 2 Mataram, melalui Humasnya Sitti Rahmi mengatakan, berkat kesuksesan yang diraih di negeri jiran, ketiga siswi tersebut diganjar plakat dan sertifikat internasional yang akan menjadi Golden Ticket untuk kuliah di Universitas ternama di Malaysia.

"Kami bersyukur dan berterimakasih atas prestasi anak-anak Kami," ujar Miss Rahmi, sapaannya, saat ditemui di Perpustakaan MAN 2 Mataram, Rabu (13/03).

Keberadaan siswi MAN 2 Mataram itu, karena langsung terkoneksi secara online dengan panitia penyelenggara IYEN di Malaysia. Pasca lolos di tahap penyaringan di Indonesia ulas Mrs Rahmi, para siswi MAN 2 Mataram tersebut bertemu para panitia di Malaysia untuk mengikuti tahapan IYEN Award. Ketiganya juga diajak berkunjung ke salah satu Universitas Internasional di Malaysia.

Yaitu Universitas Islam Internasional Malaysia (UIIM) di Gombang dan Selangor, Kuala Lumpur, dilanjutkan ke Universitas Malaya. "Di sana mereka diterima langsung oleh senat bagian kemahasiswaan. Mereka diajak berdialog untuk perkenalan perguruan tinggi di Malaysia," imbuhnya.

Ketiga siswi tersebut juga bertemu dengan para pengurus Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia Cabang Malaysia. Bersama PPI lanjut Miss Rahmi, ketiga siswi tersebut sharing pengalaman para pelajar Indonesia selama belajar Malaysia.

"Setelah itu, ketiga siswi MAN 2 Mataram perform dengan membawa tarian SASAMBO. Tujuannya untuk mengenalkan tarian tradisional Provinsi NTB di negeri Jiran," terangnya.

Dalam IYEN Award ini, ketiga siswi MAN 2 Mataram diberikan materi berupa makalah yang akan dipresentasikan baik secara pribadi dan kelompok. Khusus yang kelompok tambah Miss Rahmi, siswinya bergabung dengan siswi Malaysia.

"Ketiga siswi ini debat internasional. Materi di makalah ini mengangkat kearifan lokal dari daerah masing-masing. Setelah IYEN, mereka juga sempat keliling jalan-jalan ke destinasi wisata di Malaysia," jelasnya.

Pihaknya berharap, ketiga siswa ini dapat menjadi barometer sehingga ke depan semakin banyak siswa dan siswa MNA 2 Mataram yang dapat meraih prestasi di level internasional dan mendapatkan Golden Ticket untuk belajar di perguruan tinggi luar negeri.

"Juara di kompetisi di Universitas ternama saja di Indonesia, seperti di ITB, mereka sudah mendapatkan Golden Ticket untuk kuliah di Universitas ternama di Indonesia," tutupnya. (RIN)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close