Breaking News

Babinsa Koramil Pujut Mengikuti Bimtek Standar Pembibitan Ayam KUB di Hotel Queen Praya

 


Lombok Tengah (postkotantb.com) - Babinsa Koramil 1620-02/Pujut Serka Lalu Jhoni dan Serka Ahmad Saidi mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Standar Pembibitan Ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB) yang di gelar oleh Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Nusa Tenggara Barat.

Acara ini berlangsung di Hotel Queen Praya, Kabupaten Lombok Tengah, sebagai pemateri Bimtek Tapaul Rozi, SPt, MSi Dosen Fakultas Peternakan Universitas Mataram (Unram), yang diikuti oleh lebih kurang 50 peserta terdiri dari peternak, penyuluh pertanian dan akademisi.

Program pemeliharaan ayam KUB ini menjadi lebih unggul dibandingkan dengan ayam kampung biasa dan mengeramnya berkurang sehingga cepat bertelur kembali.

"Unggulannya adalah jumlah telur yang lebih banyak dan cara membudidayakan nya juga tidak jauh berbeda dengan ayam kampung lainnya," ujar Tapul salah satu dosen Bimtek dari Unram Jum'at (25/5/2024).


"Hanya saja ayam KUB membutuhkan pakan yang mengandung protein dan kalsium lebih tinggi untuk menunjang pembentukan cangkang telur," tambahnya.

Sementara, Serka Ahmad Saidi Babinsa Koramil 1620-02/Pujut yang merupakan penggiatan peternak ayam KUB di desa binaannya mengatakan, Program bimbingan yang di gelar BSIP sangatlah membantu kami selaku aparat kewilayahan untuk diterapkan dan di sosialisasikan kepada warga binaan.

"Karena ayam KUB ini dikenal memiliki produktivitas yang tinggi dan tahan terhadap penyakit, sehingga sangat potensial untuk meningkatkan kesejahteraan peternak di Indonesia khususnya Lombok Tengah," ucap Serka Ahmad Saidi yang merupakan salah satu peternak ayam Kub Jum'at, (24/5/2024).

Selain itu, pentingnya penerapan standar yang baik dalam pembibitan Ayam KUB akan sangat berdampak kualitas ternak. "Karena standarisasi dalam pembibitan ayam KUB sangat penting untuk memastikan kualitas yang konsisten, produktivitas yang optimal, dan daya saing di pasar domestik maupun internasional," jelas Saidi.

Diharapkan melalui kegiatan bimtek ini, para peternak dapat menerapkan standar pembibitan yang lebih baik sehingga produktivitas dan kualitas Ayam KUB di Indonesia khususnya Lombok Tengah semakin meningkat," tandasnya. (Red)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close