Breaking News

Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Pilih Lombok Sebagai Lokasi Penelitian Lapangan 2024

 


Mataram (postkotantb.com) - Prodi Sarjana Pariwisata Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (UNUD) melaksanakan Penelitian Lapangan I di Provinsi Nusa Tenggara Barat selama tiga hari dua malam dari 28 - 31 Mei 2024. Kegiatan pembukaan Penelitian Lapangan sendiri dilaksanakan di Ballroom Hotel Bidari Mataram, dan dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Gubernur NTB, Izzudin Mahili didampingi Pejabat Fungsional Dinas Pariwisata NTB, I Nengah Gusie.

Koprodi Sarjana Pariwisata UNUD,
Gde Indra Bhaskara menjelaskan, Penelitian Lapangan I tahun 2024 bertemakan "Studi Eksploratif Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di Pulau Lombok Provinsi NTB". Kegiatan ini bertujuan agar para mahasiswa, khususnya Program Studi Pariwisata Program Sarjana Universitas Udayana mampu mengidentifikasi fenomena pariwisata di Pulau Lombok.

"Kita bawa 98 mahasiswa, terbagi menjadi 18 kelompok dan tersebar di 18 titik destinasi di Pulau Lombok dan juga di Gili Trawangan," kata Gde Indra.


Gde Indra berharap, Penelitian Lapangan 1 tahun 2024 di Pulau Lombok dapat meningkatkan kemampuan akademis mahasiswa, terutama aplikasi konsep dan teori ilmu pariwisata di lapangan.

"Kenapa kita memilih penelitian di Pulau Lombok, itu berdasarkan hasil rapat bersama para dosen. Kita juga ingin tahu bagaimana perkembangan pariwisata di Lombok setelah adanya Sirkuit Mandalika," tuturnya.

Sementara Plt Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah, Lalu Suryadi menyambut baik kedatangan para mahasiswa Universitas Udayana. Baginya, kedatangan para mahasiswa ini bukan hanya untuk penelitian, melainkan juga sebagai wisatawan domestik yang berkunjung ke NTB.

"Selama mereka di sini juga kan mereka butuh menginap, belanja, jalan-jalan dan juga membeli oleh-oleh. Ini sangat bagus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat juga," tuturnya.

Begitu disampaikan Staf Ahli Gubernur NTB bidang Sosial Kemasyarakatan, Izzudin Mahili menjelaskan bahwa Provinsi NTB merupakan mitra strategis Provinsi Bali di bidang pariwisata. Begitu juga dengan Provinsi NTB, tidak bisa lepas dengan Provinsi Bali.

"Jadi kalau di Bali ramai (wisatawan) maka di NTB, khususnya Lombok juga ramai. Kalau di Bali sepi, di NTB juga sepi," jelas dia.

Di satu sisi, lanjut mantan Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata NTB itu, dirinya mengakui bahwa Provinsi NTB masih kekurangan SDM di bidang pariwisata.

"Banyak yang lulus dari Poltekpar atau sekolah pariwisata lainnya, tapi mereka bekerja di luar. Dari itu saya berharap pihak UNUD juga bisa memberikan saran dan masukan sehingga pariwisata NTB bisa kembali menggeliat di masa mendatang," harapnya.

Omega Hotel Management Bidari Hotel Mataram, Wayan Dana mengucapkan terimakasih kepada Universitas Udayana, khususnya Fakultas Pariwisata yang telah memilih Bidari Hotel sebagai lokasi pembukaan Acara Penelitian Lapangan di Lombok Pulau Lombok.

"Kami berharap ke depannya event-event serupa akan sering diadakan. Kegiatan-kegiatan seperti ini sangat memberikan dampak positif bagi pengusaha pariwisata, khususnya hotel-hotel seperti kami," kata Wayan Dana.


Dirinya pun mengaku siap memberikan pelayanan maksimal untuk menghandle semua bentuk acara apapun. Dengan demikian, secara tidak langsung berdampak positif terhadap perekonomian dan bisnis perhotelan lebih merata.

"Jadi acara besar seperti ini tidak hanya diperuntukan untuk hotel-hotel besar dan berbintang saja, tetapi kami khususnya Bidari Hotel menunjukkan bahwa kami juga mampu. Sehingga harapan kami jangka panjangnya, semoga pariwisata NTB bisa semakin maju dan membaik," harapnya. (Babe)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close