Breaking News

SLBN 2 Lobar Tawarkan Berbagai Pendidikan Vokasi Anak

SLBN 2 Lobar
 (dokumentasi SLBN 2 Lobar) Seni Tari di SLBN 2 Lobar, masuk dalam salah satu program Vokasi untuk ABK.

Lombok Barat (postkotantb.com) - Pembukaan PPDB khususnya di Sekolah Luar Biasa (SLB), masih menanti petunjuk teknis (Juknis) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB.

Namun SLBN 2 Lombok Barat (Lobar), sudah mulai mempersiapkan SK Tugas PPDB, Desain banner informasi terkait PPDB tahun ajaran 2023/2024, Formulir pendaftaran dan Instrumen Assesmen.

Selain itu Kepala SLBN 2 Lobar telah menugaskan TIM Wakasek Humas dan TIM Wakasek Kesiswaan, untuk menyambut kedatangan orang tua calon siswa, yang telah mulai mencari informasi terkait PPDB.

Dikonfirmasi, Kamis (16/05), Kepala SLBN 2 Lobar, Dra. Eny Daryati mengatakan, saat ini memang ada saja orang tua calon siswa baik baru, maupun pindahan, datang untuk memperoleh informasi.

Mulai dari syarat pendaftaran, hingga pola pendidikan yang ada SLBN 2 Lombok Barat. "Ini disebut pra PPDB. Jadi ada saja yang datang cari informasi," ungkapnya via handphone.

SLBN 2 Lobar merupakan salah satu wadah pendidikan yang menerapkan program vokasional sekolah dengan berbagai pilihan Keterampilan/Vokasi untuk anak berkebutuhan khusus (ABK).

Antara lain membatik, tata boga, tata rias, tata busana, tata graha, kriya kayu, seni tari, panthomim, pertanian dan teknologi informasi.

"Ini merupakan program unggulan dari sekolah kami," ujarnya.

Soal prestasi, SLBN 2 Lobar tidak kalah dengan SLB lainnya. Tiga tahun belakangan ini, sekolah tersebut telah mengantongi banyak prestasi di berbagai perlombaan.

Diantaranya menjadi juara Harapan 3 Kriya Kayu pd AKA-PDBK tingkat nasional Tahun 2021, Juara 3 Membatik pada LKS tingkat Provinsi NTB Tahun 2022.

Selain itu, SLBN 2 Lobar juga meraih Juara 2 Bocce Putri Tuna Grahita pada O2SN tingkat Provinsi NTB Tahun 2023, dan Juara 2 Cipta Baca Puisi pada FLS2N tingkat Provinsi NTB Tahun 2023.

Dan belum lama ini, SLBN 2 Lobar meraih penghargaan berupa Anugerah Istimewa Sekolah (AISO) kategori Satuan Pendidikan Aman Bencana.

Penghargaan itu diraih SLBN 2 Lobar, pada Malam Puncak Peringatan Hardiknas 2024, yang diselenggarakan Dikbud NTB, yang digelar di halaman SMAN 1 Sembalun, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

Kendati demikian, diakui Eny, SLBN 2 Lombok Barat masih membutuhkan sarana dan sarana yang memadai, serta jumlah guru yang masih terbatas dapat terpenuhi pada tahun ajaran baru nantinya.

"Sebetulnya di SLB N 2 Lombok Barat, target PPDB jenjang SDLB, dapat terpenuhi satu kelas dengan berbagai ketunaan diantaranya; Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita,Downsyndrome,Tuna Daksa dan Autis," terangnya.

"Selain itu, hak ABK untuk mendapatkan pendidikan secara merata, khususnya di daerah gerung, Lombok Barat dan sekitarnya, dapat terakomodir dengan baik. Jadi kami berharap, fasilitas sekolah dapat terpenuhi supaya bisa melayani anak dengan maksimal," harapnya.(RIN)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close