Breaking News

Bupati Bersama Wabup Lombok Utara Hadiri HUT Ke-4 Desa Batu Rakit

 


Lombok Utara (postkotantb.com)  - Bupati H. Djohan Sjamsu SH,bersama Wakil Bupati Danny Karter Febrianto R ST., M.Eng menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-4 Desa Batu Rakit Kecamatan Bayan (3/6). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Komisi I DPRD KLU Raden Nyrakradi S.Pd., Ketua Komisi III DPRD KLU Nasrudin. SHi., Camat Bayan Kariadi SP, Kapolsek Bayan Iptu I Made Widiartha,Tokoh masyarakat, Agama, pemuda serta undangan lainnya.

Mengawali sambutannya Bupati Djohan menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-4 Desa Batu Rakit semoga diusia yang ke empat tahun semakin maju dan bisa sejajar dengan desa lain yang ada di Lombok Utara.


"Pada tahun 2020 desa di KLU berjumlah 43 desa dimana 10 diantaranya dimekarkan pada tahun 2015 dan definitif pada tahun 2020 lalu salah satunya Desa Batu Rakit," katanya.

Awalnya disaat KLU baru terbentuk desa berjumlah 33 seiring waktu bertambah menjadi 43 dan sekarang masuk lagi usulan dari masyarakat sebanyak 27 desa yang ingin mekar dan menjadi desa persiapan baru di KLU.

"Terkait dengan usulan pembentukan desa persiapan baru Pemda masih menunggu regulasi dan persetujuan dari Pemerintah Pusat dikarenakan masih diberlakukan moratorium," tuturnya.

KLU pada tahun 2024 berusia 16 tahun, pembangunan terus dilakukan mulai dari penataan komplek pusat pemerintahan di tanjung, dengan membangun kantor bupati dan beberapa OPD.

Selain itu berkat komunikasi dengan pemerintah pusat jalan nasional sepanjang 41 km  lebih dibangun di Lombok Utara, jalan utama yang menghubungkan KLU dengan Lotim.

Terkait dengan masih banyak jalan-jalan kabupaten yang menghubungkan desa di KLU, Pemda terus berupaya tahap demi tahap untuk melakukan perbaikan dikarenakan jalan-jalan tersebut menjadi akses masyarakat.


Persoalan yang dihadapi tidak hanya berkaitan dengan infrastruktur melainkan beberapa persoalan seperti angka stunting, kemiskinan yang masih tinggi dan KLU masih sebagai daerah tertinggal satu-satunya di NTB.

"Semoga dengan kekompakan beberapa persoalan ini bisa kita tuntaskan bersama,"harapnya.

Sementara itu Kades Batu Rakit Rismana menuturkan pemilihan waktu pelaksanaan Ultah pada tanggal 4 juni berdasarkan hasil musyawarah dengan para tokoh di desa yang mana ada tiga opsi sebelumnya yakni tanggal pembentukan pertama, tanggal pelantikan penjabat pertama hingga tanggal diterima SK penetapan.

"Berdasarkan hasil kesepakatan bersama dipilih tanggal pelantikan penjabat pertama yakni pada tanggal 4 Bulan Juni," jelasnya.

Lebih Lanjut kata Rismana perayaan HUT Desa Batu Rakit di lakukan secara sederhana hal tersebut dikarenakan keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh desa.

"Meskipun dirayakan sederhana namun berjalan dengan meriah hal ini dikarenakan adanya beberapa kegiatan dan hiburan rakyat," ujarnya.

Desa Batu Rakit memiliki tujuh dusun dimana enam sudah definitif dan 1 masih sebagai Dusun persiapan yang rencana tahun 2024 di Definitifkan.

Selain itu juga diusia yang masih sangat muda Desa Batu Rakit masih memiliki beberapa persoalan seperti angka stunting dan pernikahan diusia dini yang  masih tinggi.

"Alhamdulillah berkat kerja keras selama ini, persoalan stunting dan pernikahan dini dapat kami tangani dengan baik yang diperoleh angka stunting di desa ini turun drastis," ucapnya

Focus Pemerintah Desa Batu Rakit di Usia yang Ke-4 tahun yakni bagaimana pemenuhan kesehatan pada masyarakat dan pengembangan ekonomi dengan harapan kedepannya masyarakat yang ada Desa Batu Rakit bisa maju dan sejahtera.


"Adapun HUT Ke-4 Desa Batu Rakit mengusung Tema Menuju Desa Batu Rakit Yang Berdaya dengan harapan desa ini bisa lebih maju dan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," tandasnya.

Pada perayaan HUT, Pemdes Batu Rakit juga menyerahkan Plakat dan piagam kepada para penjabat desa dan para tokoh pemekaran desa. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close