Breaking News

Melanjutkan Tahapan Pemilukada di NTB, KPU Lotim Pantau Giat Coklit Pemilih Hingga ke Pulau Terluar



Lombok Timur (postkotantb.com) - Menindak lanjuti tahapan pelaksanaan Pemilukada yang akan berlangsung beberapa bulan lagi KPU tinjau langsung ke Lapangan,Salah satu tahapan terpenting dalam proses Pilkada yakni memastikan bahwa seluruh wajib pilih sudah dilakukan pemutakhiran data pemilih melalui sistem "Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh Pantarlih di tingkat desa.

Giat pemantauan ini, pihak KPU mengambil sample beberapa desa di semua kecamatan. Sabtu (30/6/2024) Komisioner KPU bersama seluruh anggota PPK Kecamatan Keruak melakukan pemantauan di salah satu desa pulau terluar Lombok Timur yakni desa Pulau Maringkik.

Kedatangan tiga komisioner KPU di antaranya, Suriadi, S.Sy, ME, Muliyadi, SPd, MAk dan DR. Retno Sirnopati bersama beberapa staf sekretariat KPU dan rombongan PPK Kecamatan Keruak diterima langsung Ketua PPS desa Maringkik.

Tampa berpanjang kalam, seluruh anggota Pantarlih di desa berpenduduk 1.957 (sensus 2019) tersebut, langsung keliling mendatangi rumah penduduk guna melakukan coklit dengan dipantau langsung rombongan komisioner KPU dan anggota PPK.

Anggota pantarlih yang sebagian besar mak-mak tersebut dibagi menjadi tiga kelompok sesuai jumlah TPS. Masing-masing kelompok Pantarlih didampingi 1 komisioner dan 2 anggota PPK.


Dari hasil pantauan pihak KPU dan PPK menyebutkan, bahwa giat coklit ini berjalan tampa ada kendala baik teknis maupun nonteknis termasuk partisipasi masyarakat. "alhamdulillah, seluruh anggota pantarlih melakukan coklit dengan lancar tampa terkendala apapun, termasuk juga seluruh warga yang didatangi sangat kooperatif", ujar Suriyadi.

Suriyadi menambahkan, selain KPU melakukan pemantauan giat Coklit, juga sekaligus KPU melakukan sosialisasi guna meningkatkan pasrtisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Gubernur dan Bupati nanti. (Mul)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close