Breaking News

Polres Lombok Utara Terima Kunjungan dari Puslitbang Polri

 


Lombok Utara (postkotantb.com) - Polres Lombok Utara menerima kunjungan dari Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri yang dipimpin oleh Kombes Pol. Fraksi Tjahyono S.I.K.,M.H., yang di dampingi oleh M. Nurhasim S.IP.,M.Si. selaku Dir. Polhukam BRIN Konsultan Pembina Utama, Budi Triyanto S.Sos selaku sekretaris Tim Pembina TKI dan Fajar Istiono S.T. Selaku anggota Penata TKI. untuk melakukan  peninjauan dan penelitian terkait tinjauan Yuridis terhadap Tindak Pidana Siber di Polres Lombok Utara,  Polda NTB, yang bertempat di Aula Sarja Arya Racana Polres Lombok Utara, Selasa, (25/06/2024).

Dalam kegiatan ini, Kapolres Lombok Utara AKBP Didik Putra Kuncoro S.I.K. M.Si.  dalam hal ini di wakili oleh Wakapolres Lombok Utara Kompol I Nyoman Adi Kurniawan SH menerima  kunjungan Tim Puslitbang yang dilaksanakan  oleh Mabes Polri di  bawah pimpinan
Kombes Pol.Frans Tjahyono S.I.K.,M.H., menyebutkan, bahwa tujuan dilaksanakan  kegiatan riset  ini untuk menjalankan peran penting dalam mengevaluasi kebutuhan dan potensi pembentukan Direktorat Siber di tingkat Polda yang saat ini sudah terbentuk 8 Direktorat Siber di Indonesia.

Upaya ini juga dilakukan sebagai peningkatan pelayanan  atas aduan masyarakat  di era digitalisasi  serta meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Polisi Siber dalam menghadapi tantangan keamanan _cyber_ yang semakin kompleks di era digitalisasi.

Dia berharap kunjungan tersebut akan menghasilkan rekomendasi yang konstruktif untuk memperkuat infrastruktur dan strategi penanganan kejahatan Siber di tingkat kewilayahan, sesuai dengan visi Polri 4.0, harapnya.

Tujuan lebih mudah pemetaan dalam proses lidik sidik  dan menganalisa serta mempercepat dalam penanganan perkara siber.

Dalam kegiatan ini  dapat memperoleh hasil baik itu penguatan kelembagaan, kewenangan, perubahan regulasi internal dan external serta kerjasama lintas sektoral sehingga dapat memperkuat lembaga kepolisian.


Kegiatan ini  juga dirangkaikan dengan pengisian kuesioner kepada seluruh peserta yang mengikuti Litbang Polri yang bertugas pada fungsi siber di Aula Sarja Arya Racana Polres Lombok Utara. baik yang menyangkut tentang  anggaran, sarana dan prasarana yang akan di gunakan, serta mengakumulasi tindak pidana  siber di 2 tahun terakhir  dan dapat melakukan  kajian kwalititatif dan kuantitatif serta  melakukan  observasi dan evaluasi sarana dan prasarana fungsi siber yang harus di gunakan menuju Polri 4.0. Pungkasnya.

Wakapolres berharap dengan adanya kegiatan ini kita dapat menyampaikan aspirasi tentang Polri kedepan dalam  menghadapi tantangan yang cukup kompleks sehingga pelayanan Polri kepada masyarakat kedepan lebih baik yang berhubungan dengan potensi gangguan melalui digital, sehingga dengan pelayanan yang baik ,kami bisa membangun kepercayaan _(trust building)_ kembali kepada masyarakat guna menciptakan kondusifitas wilayah. Tutup wakapolres. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close