Breaking News

KLU Sebagai Lokasi Visitasi PKN Tingkat II Puslatbang PKASN LAN



Lombok Utara (postkotantb.com) - Kabupaten Lombok Utara menjadi salah satu lokasi Visitasi Kepemimpinan Nasional pada Pelatihan Kepemimpinan (PKN) Tingkat II Angkatan VIII Tahun 2024 Puslatbang PKASN LAN,Kunjungan para peserta PKN ini diterima oleh Bupati Lombok Utara yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Kawit Sasmita. SH, bertempat di Aula Bupati (26/6/2024).

PKN Tingkat II Angkatan VIII Tahun 2024 Puslatbang PKASN LAN mengusung Tema "Transformasi Pemerintahan Digital dalam Pemberdayaan UMKM/Ekonomi Kreatif untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan,"

Tema besar tersebut selanjutnya diterjemahkan melalui 4 (empat) sub tema. Pertama, Digitalisasi administrasi pemerintahan dalam peningkatan kualitas proses perizinan usaha. Kedua, Digitalisasi transparansi dan akuntabilitas pemerintah dalam pemberdayaan UMKM dan ekonomi kreatif. Ketiga, Peningkatan kualitas literasi digital  SDM pelaku ekonomi kreatif dan UMKM. Keempat, Peran Public Sector Digital Marketing dalam meningkatkan potensi investasi daerah.


Dalam sambutan penerimaan Staf Ahli Bupati Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Kawit Sasmita menyampaikan Lombok Utara sebagai daerah termuda di Provinsi NTB.

"Dimana musibah gempa bumi yang terjadi pada 2018 menjadikan KLU hingga saat ini terus melakukan renovasi dan pembangunan,"katanya.

Lombok Utara sebagai daerah pariwisata yang memiliki potensi yang luar biasa, didukung beragam jenis UMKM, yang mana dalam pengembangan UMKM Pemerintah KLU memberikan suport melalui program kredit tanpa bunga.

 "Dimana modal usaha yang diberikan melalui melalui pinjaman bank untuk  dibayarkan oleh pemerintah daerah sendiri,"tuturnya.

Terpilihnya KLU sebagai salah satu lokasi Visitasi Kepemimpinan Nasional mampu memberikan dorongan dan semangat  dalam proses pembangunan daerah kedepannya.

"Hararapan kami dengan kehadiran para narasumber OPD KLU, para peserta mendapatkan banyak pembelajaran sesuai dengan tema maupun subtema yang diangkat," harapnya.

Sementara Itu Ketua Kelompok PKN Analis Kebijakan Ahli Utama PKASN LAN Dr. Joni Daut, D.E.A menyampaikan bahwa kegiatan kehadiran dirinya bersama dengan 15 peserta diklat sebagai bagian dari pembelajaran dalam kepemimpinan nasional.

"Dimana dalam sub tema yang diusung yaitu Peran Publik Sektor Digital Marketing Dalam Meningkatkan Potensi Investasi Daerah,memilih KLU sebagai tujuan visitasi,"ujarnya.

Kegiatan visitasi di Provinsi NTB dilaksanakan hingga Jum’at 28 Juni 2024,diikuti oleh para kepala OPD, Akademisi,dari berbagai kabupaten di Indonesia, dengan harapan PKN Tingkat II mampu berkontribusi dalam perwujudan pembangunan.


"Pada proses pembelajaran ini kami berharap kebijakan strategis yang dilakukan oleh Pemda KLU mampu menjadi bahan refrensi untuk proyek perubahan para peserta diklat PKN di daerah asal masing-masing," tutupnya.

Dalam visitasi di Lombok Utara para peserta Diklat PKN menghadirkan empat narasumber dari OPD KLU Bappeda, Parawisata, Diskoprindag dan Diskominfo.(@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close