Breaking News

Sosialisasi Tahapan Pemilukada 2024, KPU Kabupaten Lombok Timur Gandeng Awak Media

 


Lombok Timur (postkotantb com) -
Tahap demi tahap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur menggelar sosialisasi Pilkada serentak 2024 kepada masyarakat melalui Insan Pers Lombok Timur  di Selong, Kamis (11/07/2024).

Ketua KPU Lombok Timur Ada Suci Makbullah dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dalam hal ini media sebagai pilar demokrasi memiliki peran penting dalam mendukung suksesnya pilkada serentak 2024.

"Media sebagai pilar demokrasi memiliki peran penting dalam menyukseskan pemilukada,yang dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia di tahun 2024", ucapnya.


Tahapan pilkada Ketua KPU, kita sudah mulai,pada bulan Juni mulai dilakukan tahapan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang direkrut oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Untuk kita sama sama  ketahui ,kata Bang Ucik sebutan Akrabnya dikalangan Jurnalis,menyebutkan progres pencocokan dan penelitian (Coklit) di Lombok Timur sangat baik. Meski jumlah DPT Lombok Timur sangat besar, sekitar 900 ribu lebih sesuai DP4, tapi progres coklit sudah mencapai 97 persen.

"Alhamdulillah Lotim dibanding kabupaten kota lain. Meski jumlah DPTnya besar, tapi program coklit sudah mencapai 97 persen", ujarnya.

"Masih ada sisa waktu, besok atau lusa harapan kita sudah selesai. Itu target kita. Kemudian dilakukan proses pencermatan,
Setelah proses pemutakhiran data pemilih,proses pendaftaran calon, verifikasi administrasi pasangan calon, pemeriksaan kesehatan bakal calon hingga tahapan pemungutan suara pada 27 November 2024.

Sesuai PKPU 8, proses verifikasi administrasi calom penting dilakukan karna di PKPU disyaratkan visi - misi para calon harus selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah.

"Pasangan harus mengacu pada RPJP  sehingga proses demokrasi atau programnya berkelanjutan. Itu yang disyaratkan PKPU 8.


Masih ditempat yang sama Komisioner lain seperti Zainul Muttaqien, merasa sangat berterima kasih kepada Para jurnalis Lombok Timur dan menaruh harapan besar akan suksesnya pelaksanaan Pilkada Lotim atas kerjasamanya ,dan berharap untuk terus membantu KPU dalam memberikan sosialisasi epada masyarakat pemilih," harapnya. (Mul)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close