Breaking News

Dinas Pariwisata Gelar Rapat Persiapan Pengukuhan Fokdarwis Lotim

Lombok Timur (Post Kota NTB) - Belum lama ini, Lombok Timur telah mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk sektor pariwisata. Penghargaan yang didapatkan itu tidak lepas dengan adanya  partisipasi dan peran serta dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam memajukan destinasi wisata yang ada di wilayahnya masing-masing.

Saat ini Dinas Pariwisata Lombok Timur telah mengukuhkan sekitar 43 Pokdarwis yang ada di 43 Desa Wisata. Dan bahkan sudah semakin melebarkan sayapnya dengan membentuk Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata (FK Pokdarwis) Kabupaten Lombok Timur, yang pengurus dan Anggotanya berasal dari perwakilan Pokdarwis yang ada di desa, dengan tujuan sebagai upaya untuk memajukan potensi destinasi wisata yang ada di Lotim.

FK Pokdarwis Kab. Lotim ini dibentuk pada Tahun 2016, namun Pengukuhannya, baru direncanakan pelaksanaannya pada tahun 2017 ini. Untuk mewujudkan penantian panjang FK Pokdarwis, maka Dinas Pariwisata Lombok Timur telah mengundang Pengurus dan anggota FK Pokdarwis untuk rapat persiapan Pengukuhannya, di Kantor Dinas Pariwisata Lombok Timur, yang dihadiri dan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Lombok Timur (Drs. Muh. Juhad). Selasa, (22/8)

Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas (Akhyakmudin) membenarkan, “Hampir setahun yang lalu telah di bentuk Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata Lotim, namun pihak kami belum mengukuhkan keberadaan lembaga tersebut, karena terbentur dengan banyaknya kegiatan yang sangat mendesak pelaksanaanya. Namun kami tetap berupaya untuk segera melaksanakan pengukuhannya, agar mendapatkan legalitasnya dan bisa segera  menyusun sebuah rencana besar, yang mana isinya membangun pariwisata di Lotim .” Jelasnya 

Dalam paparannya, Kadis Pariwisata mengatakan, “Kita akan laksanakan Pengukuhan FK Pokdarwis ini secepatnya, dan waktu pelaksanaanyanya akan kami atur kemudian, karena walau bagaimanapun Pokdarwis telah membantu Pemerintah Daerah, dalam hal ini Dinas Pariwisata Lombok Timur untuk pengembangan pariwisata di Daerah ini. Adanya Pokdarwis, merupakan bukti bahwa kesadaran masyarakat untuk mengembangkan pariwisata di Lotim semakin meningkat.” Ungkapnya

Dengan dikukuhkannya FK Podarwis, Juhad (Sapaannya) menambahkan, “kedepan agar lebih memberdayakan peran Pokdarwis  yang ada, untuk lebih meningkatkan posisi dan peran serta masyarakat sebagai subyek atau pelaku dalam pengembangan pariwisata, serta dapat bersinergi dengan Pemerintah sebagai pemangku kepentingan dalam meningkatkan kwalitas kepariwisataan di daerah.” Harapnya.

Untuk mewujudkan majunya sector pariwisata di Lombok timur, kendati belum mendapat legalitasnya, selama ini FK Pokdarwis tidak pernah tinggal diam, bahkan sangat aktif mengidentifikasi, memonitoring dan mempromosikan obyek wisata yang ada, serta mengunjungi Pokdarwis yang ada disetiap desa wisata. (D’Yudha)


0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close