Breaking News

Fasilitator Desa Diminta Tayangkan Literasi Data Desa di Website


Mataram (postkotantb.com)- Ketersediaan data sangat dibutuhkan sebagai modal strategis di setiap lini pembangunan, termasuk pembangunan sektor terkecil di pemerintahan  Desa.  Menyadari hal tersebut, Gubernur NTB, Dr. TGH M. Zainul Majdi meminta kepada fasilitator desa yang sedang mengikuti pelatihan agar segera menyusun literasi data desa, dan ditayangkan di website desa sehingga mudah diakses.

Kehadiran Gubernur  NTB yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) didepan peserta Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (RKMD) Angkatan VI Tahun 2017 di kantor UPTD Balai Latihan Masyarakat dan Transmigrasi  Provinsi NTB, Mataram (7/8-2017), merupakan bagian akhir dari kegiatan inspeksi mendadak  (Sidak) ke sejumlah instansi penyelenggara pelayanan publik Pemerintah Provinsi NTB. Sebelumnya Gubernur TGB telah melakukan sidak di RSUP Provinsi NTB, kemudian dilanjutkan  di Kantor Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) Penempatan dan Perlindungan TKI NTB dan terakhir di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Kepada puluhan fasilitator peserta pelatihan Gubernur menegaskan bahwa selain pembangunan fisik, hal penting lainnya yang perlu mendapat perhatian adalah ketersediaan data spasial tentang kondisi faktual desa. Data itu harus mudah diakses sehingga pembangunan desa dapat lebih terarah dan dapat dikawal oleh seluruh masyarakat desa, terangnya. “Buatlah website desa dan masukkan seluruh datanya, termasuk APBDes-nya agar semua masyarakat bisa mengaksesnya. Karena hal itu merupakan bagian dari akuntabilitas desa kepada masyarakat.” Jelas gubernur TGB.

Dalam sesi dialog, Gubernur mendapatkan sejumlah informasi tentang permasalahan desa, terutama dari peserta yang berasal dari Sumbawa, Dompu dan Bima. Seperti Fastabiqul Khoirat peserta dari Dompu yang mengeluhkan kondisi jalan didesanya yang rusak parah. Mereka meminta agar Gubernur memperhatikan persoalan tersebut. Gubernur berjanji akan segera menindaklanjutinya. “Jadilah jembatan yang menghubungkan banyak titik,diperlukan kerendahan hati membangun silaturrahmi untuk memaksimalkan potensi yang ada,” ungkap Gubernur.

Di akhir dialog Gubernur kembali mengingatkan bahwa pengabdian para fasilitator di desa sangat besar kontribusinya bagi kemajuan daerah. “Wajah desa juga ditentukan dedikasi anda semua,” pungkas Gubernur.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close