Breaking News

Gubernur Minta RSUP Jaga Kebersihan Dan Berikan Pelayanan Maksimal


Mataram (postkotantb.com)- Meski menilai pelayanan di RSUP NTB baik namun Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi meminta Pelayanan di RSUP semakin baik dan lebih maksimal lagi. Tuan Guru Bajang sapaan akrab Gubernur NTB meminta petugas juga menjaga kebersihan di setiap ruangan. Hal tersebut di sampaikan saat melakukan Inspeksi Mendadak (sidak)  dengan mengecek satu persatu kondisi layanan pada semua poli dan unit/ruang pelayanan rumah sakit, sekaligus juga memeriksa kondisi serta kelengkapan sarana prasana dan kebersihan, baik kebersihan di dalam ruangan maupun di lingkungan rumah sakit. 

Tuan Guru Bajang mengapresiasi jajaran rumah sakit, termasuk petugas kebersihan (outsorsing) atas kemajuan pelayanan, termasuk kebersihannya. Gubernur memuji kemajuan yang dicapai rumah sakit. Terutama pada penyediaan fasilitas pelayanan medis, mulai dari gedung, ruang perawatan, poli, apotik dan peralatan medis yang memadai.

Hanya saja Gubernur Tuan Guru Bajang mengingatkan bahwa pelayan yang sudah baik, terutama dari aspek tangible (nyata) berupa kecanggihan peralatan tersebut, harus diiringi dengan dukungan aspek distangible, yaitu semangat pelayanan dari segenap SDM rumah sakit. Yakni dengan terus memaksimalkan koordinasi antara unit layanan, serta meningkatkan skill SDM  maupun keramahtamahannya dalam memberikan pelayanan yang lebih maksimal.

Meski secara umum, pelayanan RSUP sudah semakin baik, namun satu catatan yang menjadi temuan Gubernur adalah kebersihan pada ruangan-ruangan tertentu yang tidak diakses masyarakat, seperti di ruang farmasi, masih kotor. Padahal semua area mestinya terjaga dan diperhatikan kebersihannya dengan baik agar sterill dari kuman. 

Selain itu, saat mengunjungi ruang perawatan bedah onkologi, Gubernur mendapatkan penjelasan dari dokter specialis bedah, bahwa tend penyakit kanker payudara satu semester tahun ini yang ditangani rumah sakit, sama jumlahnya dengan tahun lalu. Padahal  penyakit itu terkait dengan gaya hidup (lifestyle) yang penanganannya berada di hulu atau bersinergi dengan instasi terkait lainnya, seperti dinas kesehatan.

Karenanya, Gubernur menginstruksikan kepada Direktur RSUP agar terus melakukan evaluasi dan mengkonsolidasi seluruh struktur. Ia juga mengingatkan pentingnya konsolidasi dan sinkronisai dengan dinas kesehatan dalam mengatasi masalah kesehatan.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close