Breaking News

Sukses Lobi Pusat, Ratusan Milyar Digelontorkan Untuk Normalisasi Danau Lebo

Sumbawa Barat (poskotantb.com)- Danau Rawa Lebo seluas lebih dari 800 hektare yang berada di Desa Meraran Kabupaten Sumbawa Barat sudah diintervensi pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Danau yang terletak antara Kecamatan Taliwang dan Seteluk Pemerintah Pusat telah mengelontorkan dana awal sekitar Rp 4,9 miliar lebih untuk pembuatan jalan lingkar sejauh 18 KM yang akan menelan anggaran APBN kurang lebih 400 Milyar. Dana itu akan digunakan untuk membangun tanggul keliling danau yang juga merupakan habitat dari berbagai jenis burung langka.


Keberhasilan proyek normalisasi jalan lingkar danau lebo ini, tidak terlepas dari peran Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifudin ST yang begitu giat melakukan lobi-lobi jaringan melalui Kementerian PUPR dan LHK
‘’ Alhamdulillah , Pemerintah pusat melalui BWS sudah mengalokasikan dana awal sekitar Rp 4,9 miliar lebih melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2017. Dana itu akan digunakan untuk membangun tanggul keliling  dan jalan lingkar sejauh 800 meter sebagai langkah uji coba dan Alhamdulillah selesai sesuai target “ jelasnya

Fud menjelaskan bahwa dana tersebut merupakan program awal yang dilakukan Kementerian PUPR. Rencananya, pemerintah pusat akan mengupayakan mengalokasikan anggaran untuk kelanjutan penataan dan pembangunan Danau Rawa Lebo hingga 400 Milyar melalui Multiyears menggunakan anggaran APBN , “ biar masyarakat tahu bahwa proses tender dan pengerjaannya melalui BWS  dan bukan tanggung jawab pemda “ terang Fud.

Penataan dan pembangunan Danau Rawa Lebo sendiri merupakan salah satu program prioritas pemerintah pusat. Kebijakan itu bagian dari impelementasi kesepakatan bersama yang terbangun antara Kementerian PUPR, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Pemda KSB."Danau Rawa Lebo ini menjadi prioritas nasional yang akan dituntaskan pemerintah pusat. Bukan hanya Kementerian PUPR saja, Kementerian LHK juga ikut terlibat dalam penataan dan pembangunan danau ini,’’ Ujarnya.

Kementerian PUPR akan lebih banyak melakukan intervensi pada program fisik. Sementara Kementerian LHK akan fokus pada penataan lingkungan. karena terkait pelaksanaan program tersebut tidak akan mengalami kendala berarti. Pasalnya, semua wilayah Danau Rawa Lebo Taliwang merupakan wilayah konservasi yang berada dibawah naungan BKSDA.

‘’Kalau untuk persoalan lahan dan lain sebagainya kami pastikan tidak ada masalah. Nah terkait permintaan soal tanggung jawab sosialnya, kami akan membantu,’’ katanya.

Untuk pembangunan dan penataan Danau Rawa Lebo dibutuhkan anggaran mencapai Rp 400 miliar lebih. Kebutuhan anggaran itu diharapkan sepenuhnya ditanggung pemerintah pusat. Diterangkannya bahwa perkembangan ibukota Kabupaten Sumbawa Barat (Kota Taliwang) telah menunjukkan pertumbuhan yang pesat. Perkembangan tersebut tidak hanya terjadi di pusat kota, tetapi juga pada wilayah-wilayah tertentu yang berdekatan dengan pusat kota yang secara tidak langsung juga mengalami perkembangan sebagai dampak terjadinya dinamika masyarakat. Salah satu wilayah yang mengalami dampak perkembangan tersebut adalah keberadaan Danau Lebo di Kecamatan Taliwang. Untuk menghindari terjadinya degradasi lingkungan di sekitar kawasan Danau Lebo, maka Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat memandang perlu dilakukan upaya pembangunan dan penataan kawasan agar dapat menambah nilai-nilai vitalitas yang strategis dan signifikan pada kawasan tersebut, dengan pembangunan sebagai kawasan wisata.

“Danau Rawa Lebo memiliki potensi sumberdaya alam dan sumberdaya manusia yang cukup besar. Potensi sumberdaya alam terdiri dari lingkungan fisik dan biologi (hayati). Lingkungan fisik yang menjadi daya tarik Danau Lebo  adalah pemandangan alamnya yang indah seperti hamparan danau yang luas, perbukitan, pegunungan dan sungai," Terangnya.

Selain itu, Danau Lebo  juga memiliki potensi sumberdaya manusia seperti potensi budaya dari masyarakat setempat, potensi-potensi tersebut dapat menjadi objek yang menarik bagi wisatawan apabila dikelola dengan baik. Pemanfaatan wisata Danau Lebo  relatif masih terbatas dan belum dikembangkan secara optimal. Potensi sumberdaya wisata yang dimiliki Danau Lebo meliputi perairan, ikan, dan pemandangan tersebut diperkirakan cukup tinggi, sehingga Danau Lebo dapat dikembangkan sebagai suatu alternatif  pemanfatan wisata yang berkelanjutan. 

"ada tiga prioritas utama alternatif strategi pengelolaan kawasan wisata Danau Lebo yang berkelanjutan meliputi: pertama, mengadakan kerjasama dalam promosi wisata Danau Singkarak sebagai kawasan yang terjaga kealamian dan kelestarian sumberdayanya; kedua, menarik investor untuk pengembangan wisata Danau Lebo dengan tetap memperhatikan kelestarian sumberdayanya; ketiga, melakukan koordinasi dalam mengatasi permasalahan dan ancaman yang terdapat di Danau Lebo . Melalui alternatif strategi ini diharapkan Danau Lebo  akan menjadi kawasan wisata dengan konsep keberlanjutan, sehingga dapat menarik banyak wisatawan dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat" Paparnya.

Untuk kedepannya  danau lebo nantinya  pemerintah daerah akan membuka untuk tempat rekreasi telah mempersiapkan atau menyediakan berbagai wahana air yang dapat dinikmati oleh para wisatawan, seperti perahu dayung, motor boat,  dan lain sebagainya. Selain wahana permainan air, ada juga danau yang menyediakan fasilitas bagi para pemancing. Hal ini tentu saja akan menarik perhatian dari kalangan pemancing khususnya untuk selalu rajin mengunjungi danau untuk menyalurkan hobinya, karena danau Lebo ini juga merupakan wisata alam yang asri dan murah untuk semua kalangan. Danau lebo  cocok dijadikan tempat wisata baik sendiri, bersama keluarga, teman atau lainnya.

Yang paling penting adalah bahwa danau Lebo  juga bisa dijadikan tempat untuk belajar/ edukasi  dan juga penelitian ilmiah. Ada banyak sekali hal yang bisa dijadikan objek penelitian di danau. Tidak hanya air danau lebo saja namun juga makhluk hidup yang ada di dalamnya pun juga  bisa digunakan sebagai objek penelitian. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kita sebagai manusia. Karena kita akan dapat mengetahui apa saja yang terkandung di dalam danau beserta manfaatnya.

"Itulah beberapa manfaat yang akan kita peroleh dari adanya danau lebo  ini. danau lebo yang ada di sekitar kita atau berada di wilayah daratan tertentu pastilah mempunyai banyak manfaat, bahkan lebih dari yang telah disebutkan. Manfaat dari danau terkadang kita sadari ataupun tidak. Meskipun terkadang kita tidak menyadari kebermanfaatan dari danau lebo  ini, namun kita sebagai manusia wajib menjaga dan memelihara danau agar tetap lestari sehingga tetap bisa memberikan manfaat bagi lingkungan dan juga makhluk hidup yang ada di sekitarnya" Pungkasnya.( edi Chandra )

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close