Breaking News

Atraksi Sampan Balap , Ajang Promosi Pariwisata Lombok Timur


Kekayaan alam dan budaya merupakan komponen penting dalam pariwisata. Alam Kabupaten Lombok Timur terkenal akan berbagai Obyek wisatanya yang indah. Tempat-tempat wisata itu didukung dengan kekayaan warisan budaya yang mencerminkan sejarah dan keberagaman etnis.

Lombok Timur (Post Kota NTB) – Dengan potensi alam menakjubkan, Pantai Kayangan Desa Labuhan Lombok Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur, dapat dijadikan sebagai Obyek wisata yang diincar para pelancong. Ini bisa jadi rekomendasi wisatawan lokal untuk berlibur, tinggal bagaimana pengelolaannya kedepan.

Hal tersebut diungkapkan Maryunani Apyanto. D, S.Pi, Ketua Divisi Destinasi Wisata – Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata Kabupaten Lombok Timur (FK Pokdarwis Lotim. Red), saat menghadiri Lomba Sampan Balap, yang digelar oleh Panitia HUT RI ke- 72 Desa Labuhan Lombok, yang bertempat di Perairan Teluk Kayangan Desa Labuhan Lombok Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur, pada hari Minggu (17/9)

“Mengacu pada Undang-undang No. 10/2009, tentang Kepariwisataan, yang dimaksud dengan pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha, Pemerintah dan Pemerintah Daerah. Maka, untuk mengangkat potensi pariwista di Lombok Timur, harus kita tunjukkan kepada dunia, bahwa kita punya banyak Ide dan gagasan untuk menggelar berbagai kegiatan wisata, dan tidak bisa dilaksanakan oleh pemerintah saja, pemberdayaan masyarakat untuk mengoptimalkan potensi wisata lokal sebagai tujuan pavorit melancong mutlak diperlukan. Apalagi potensi alam kita sangat mendukung pembangunan kepariwisataan. Misalnya, Atraksi Sampan Balap yang digelar hari ini (Minggu, 17/9. Red), ini merupakan ajang promosi Pariwisata Lombok Timur.” Ungkapnya 

Meningkatkan pemahaman, Yudha (Sering disapa. Red) melanjutkan, “peran dan partisipasi, masyarakat yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab, serta berperan sebagai penggerak dalam mendukung terciptanya iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan, serta terwujudnya Sapta Pesona dalam mensukseskan pembangunan kepariwisataan dan dapat meningkatkan pembangunan daerah melalui kepariwisataan.” paparnya

Makin beragamnya pilihan keinginan wisatawan, kesadaran akan pelestarian lingkungan, isu pemanasan global, menjadikan pemuda dusun Ketapang desa Pringgabaya Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur ini, melirik pariwisata pada konsep back to nature. Suatu bentuk pariwisata minat khusus yang dikemas secara komprehensif sehingga para wisatawan dapat berinteraksi secara lengkap, baik dengan alam lingkungan maupun dengan masyarakat sekitar, termasuk juga budaya dan tradisi didalamnya. 

Wisatawan dapat melihat dan merasakan langsung nilai–nilai kearifan lokal yang masih terasa denyutnya dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Ia menilai bahwa, pariwisata salah satu strategi peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan secara tidak langsung telah dapat mengkampanyekan pelestarian lingkungan hidup untuk dapat dimanfaatkan dengan cara yang sustainable.

“Pemanfaatan Sumberdaya Alam (SDA) yang maksimal akan sangat berdampak negative bagi alam dan manusia itu sendiri. Namun jika SDA kita manfaatkan secara optimal, maka kita sudah melakukan hal terbaik dalam menjaga kelestarian alam, yang nantinya dapat dinikmati oleh generasi penerus.” Imbuhnya. 

Menurut dia, Pengembangan Sektor pariwisata merupakan strtegi dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup, karena dampak negatifnya bagi alam dan manusia tidak terlalu signifikan, jika dibandingkan dengan sector pertambangan. (D’Y)  

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close