Breaking News

Erupsi Gunung Agung Berpotensi Turunkan Target Kunjungan Wisatawan



Mataram (postkotantb.com)- Erupsi Gunung Agung berdampak langsung pada sektor pariwisata di NTB. Meski belum ada data terbaru jumlah angka kunjungan wisata namun di yakini terjadi penurunan angka kunjungan wisatawan ke NTB. 

Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin SH. MSI mengatakan terjadinya sistem buka tutup bandara dan pembatalan sejumlah penerbangan memberi dampak pada angka kunjungan wisatawan ke NTB. Bandara Internasional Lombok lanjut Amin merupakan salah satu pintu masuk ke NTB namun kapasitas penumpang melalui jalur ini cukup besar, terjadinya erupsi Gunung Agung secara otomatis membuat jumlah kedatangan wisatawan menjadi berkurang. 

"sistem buka tutup ini sangat berpengaruh pada angka kunjungan wisatawan, terlebih adanya pembatalan penerbangan, kejadian ini berpotensi pada target kunjungan wisatawan, " paparnya. 

Wagubpun meminta semua SKPD terkait untuk mengambil langkah pengoptimalan pintu masuk ke NTB. Persiapan armada untuk melayani wisatawan yang akan masuk melalui jalur laut kata Amin harus lebih di optimalkan. 

"pintu masuk ke NTB kan ada beberapa jalur bisa melalui PelabuhaN Lembar atau melalui Senggigi, ini harus di optimalkan bila perlu ada inovasi," pinta Wagub. 

Terkait dengan pengungsi dari Bali ke NTB, Wagub menegaskan Pemerintah Provinsi NTB sangat terbuka untuk pengungsi. Wagubpun meminta semua stake holder untuk menangani pengungi dengan baik dan teratur, termasuk persiapan logistik serta mengakomodir pengungsi yang masih duduk di bangku sekolah dengan membantu menyediakan pendidikan serta kebutuhan sekolah. 

Menurut Amin NTB sebagai daerah tetangga mempunyai kewajiban untuk membantu, tidak hanya dari sisi kemanusian namun letak wilayah yang paling dekat dengan daerah terdampak bencana membuat NTB menjadi pilihan sebagai tempat untuk mengungsi. 

"itukan saudara kita juga, kita mempunyai kewajiban untuk membantu dan NTB sangat open bagi para pengungsi, silahkan datang kami akan sambut dengan baik," ucapnya. 

Wagubpun kembali mengingatkan agar penanganan pengungsi ditangani secara berkelanjutan. Wagub meminta penyedia jasa transportasi laut untuk mengefektifkan transportasi laut dengan menambah armada kapal.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close