Breaking News

10 Desa Persiapan Di KLU Sudah Terdaftar Dan Terigistrasi Pemerintah Pusat

Sekda KLU Mendapatkan Cindera Mata Dari Pemkab Kutai


KLU (postkotantb.com)-  Sebagai daerah baru berkembang dimana Lombok Utara terdiri dari lima kecamatan dengan sejumlah 33 desa ditambah 10 desa persiapan, pemekaran dari desa induk. KLU terus berupaya menggeliat dan berpacu dari daerah lainnya

Hal tersebut di sampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Utara Drs H Suardi MH saat menerima kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Kutai Provinsi Kalimantan Timur terkait proses desa persiapan menjadi desa definitif (24/4) yang juga dihadiri oleh OPD terkait.

Sekda KLU menyatakan sampai saat ini KLU berusia 9 tahun menuju satu dasawarsa. Sekda juga menjelaskan Lombok Utara sebagai daerah baru dan sedang berkembang, pendapatan asli daerah dominan berasal dari pariwisata, perkebunan, perikanan dan pertanian. Pendapat Asli Daerah 60 persen bersumber dari aspek pariwisata terutama tiga gili yang sudah mendunia.

Ditambahkannya 10 desa persiapan sudah mendapat nomor registrasi dari pemerintah. pemekaran 10 desa di Lombok Utara, ungkap Sekda diperoleh melalui kajian yang panjang dan melibatkan unsur pemerintah dan juga akademisi serta tokoh agama, masyarakat, tokoh adat dan pemuda.

"Tahun pertama selesai pemekaran kami memang menemukan berbagai kendala sehingga kami terus berkoordinasi dengan berbagai pihak. Pada tahun kedua pemerintah pusat memberikan nomor registrasi desa. Saat ini sedang dilakukan tahap evaluasi untuk tindak lanjut pemekaran desa," pungkasnya.

Ketua Rombongan Kunker Pemkab Kutai H Mugni MSi mengagumi perkembangan Lombok Utara. Mugni menjelaskan tujuan kunjungan kerja terkait dengan pembelajaran proses desa persiapan menjadi desa definitif.

"Wilayah kami terdiri dari 18 kecamatan dengan 139 desa. Kami telah memekarkan 11 desa sehingga akan menjadi 150 desa. Namun sampai saat ini belum mendapat nomor registrasi desa dari Pemprov apalagi pusat. Oleh sebab itu, kami berkunjung ke KLU, untuk mempelajari hal tersebut. Semoga apa yang kami harapkan dapat terwujud,"pungkasnya.(RZ)


0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close