Breaking News

ASDP Salurkan Dana CSR Dukung Pengembangan Wisata Setanggor Dan Sembalun

Peletakan Batu Pertama Bencingah Desa Setanggor Lombok Tengah Dari Dana CSR PT. ASDP Persero


Lombok Tengah (postkotantb.com)- Sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan dalam mendukung kawasan pariwisata Lombok, PT ASDP (Persero) berkomitmen untuk menyalurkan dana Bina Lingkungan dari anggaran Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Tahun 2018 senilai total Rp 700 juta yang terdiri untuk bantuan pembangunan balai ekonomi desa (balkondes) berupa Bencingah Desa Wisata Setanggor Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat sebesar Rp 350 juta, Pendopo Adat Desa Sembalun, Lombok Timur sebesar Rp 250 juta, dan bantuan Taman Bacaan senilai Rp 100 juta.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi menyampaikan Secara psikologis, NTB memiliki arti penting bagi ASDP baik dari sisi operasional dan pelayanan transportasi laut maupun dari sisi tanggung jawab sosial perusahaan bagi masyarakat NTB.

Khususnya Desa Setanggor di Lombok Tengah yang diwujudkan melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam hal ini bantuan pembangunan balkon desa serta pembangunan perpustakaan untuk 2 Sekolah Dasar.

Lebih jauh Ira Menjelaskan adapun pembangunan kawasan balkondes ini merupakan komitmen BUMN untuk mendekatkan diri kepada masyarakat dalam mendukung program Kementerian BUMN, “One Village, One BUMN” serta wujud nyata dari program “BUMN Hadir untuk Negeri.

“Kami sangat menghargai dan mengutamakan nilai-nilai kearifan lokal dari masing-masing yang menjadi potensi besar dalam pengembangan Desa ke depannya. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan desa wisata Setanggor dan Sembalun dapat semakin dikenal luas khususnya di mancanegara, sehingga dapat menarik lebih banyak turis asing ke Indonesia dan menambah pendapatan daerah bidang pariwisata,” tuturnya di sela Ground Breaking Pembangunan Bencingah Desa Wisata Setanggor, Lombok Tengah, Rabu (18/4).

Menurut dia, selain berkiprah dalam hal connectivity dan logistik, ASDP juga mulai menfokuskan diri di sektor pariwisata. Diketahui, NTB memiliki potensi sumber daya yang sangat besar di sektor pariwisata. Terdapat banyak lokasi wisata potensial di NTB, dan salah satunya adalah Desa Setanggor di Lombok Tengah.

Desa Setanggor menjadi salah satu dari 10 top desa wisata nasional, yang berada di Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah yang memiliki ragam potensi kearifan lokal pedesaan dan keindahan alamnya yang menjadi daya tarik tersendiri. Setidaknya ada 14 spot destinasi wisata yang bisa dinikmati di desa ini, diantaranya:
- Wisata Seni Budaya
- Gong Keramat Usia 200 tahun lebih
- Wisata Tenun
- Wisata Peternakan
- Wisata Pertanian
- Wisata Agro 
- English Fun
- Wisata Religi 
- Cassava Garden


Aktivitas budaya dan wisata tersebut menjadi salah satu kegiatan utama di balai ekonomi desa (balkondes) Setanggor yang dibangun oleh swadaya masyarakat. Karenanya, ASDP turut mendukung pengembangan fungsi balkondes di Desa Setanggor dengan membangun bencingah (sanggar seni). Adanya kawasan balkondes ini diharapkan dapat berfungsi lebih optimal untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close