Breaking News

Disdag Provinsi NTB Bersama Satgas Pangan Polda NTB Sidak Harga Sembako

Kadis Perdagangan Prov NTB Bersama Tim Satgas Pangan Polda NTB Gelar Sidak Harga Sembako di Pasar tradisional
(Foto: Tim Disdag NTB)
Mataram (postkotantb.com)- Tim Terpadu Dinas Perdagagan Provinsi NTB bersama Satgas Pangan Polda NTB dan Dinas Perdagangan Kota Mataram, yang dipimpin oleh Kepala Dinas Perdagangan Prov. NTB Dra. Hj. Putu Selly Andayani, M.Si. Rabu (18/4) menggelar Inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah pasar tradisional. Sidak di awali di Pasar Dasan Agung Kota Mataram. Tim Sidak didampingi oleh Kepala Pasar Dasan Agung Kota Mataram Akhmad Suweno Ajiyanto, S.E., yang menerangkan bahwa secara umum harga bahan kebutuhan pokok di Pasar Dasan Agung Kota Mataram masih relatif stabil dan stok cukup tersedia, adapun beberapa komoditas yang harganya masih tinggi antara lain daging ayam broiler, 
bawang merah dan cabai.

Usai menggelar sidak di Pasar Dasan Agung kemudian di lanjutkan ke Gudang Bulog Cakranegara I, Jl. Prabu Rangkasari Dasan Cermen. Tim terpadu diterima oleh Kabid Operasional dan Pelayanan Publik Burhanuddin. Tim Sidak melalui Kadis Perdagangan Provinsi NTB menyampaikan hasil temuan di Pasar Dasan Agung Mataram bahwa harga beras medium mencapai Rp. 10.000,- per Kg, masih di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) beras medium yang ditetapkan oleh pemerintah untuk wilayah NTB yaitu Rp. 9.450,- per Kg. Pada saat Sidak tidak dijumpai adanya beras Operasi Pasar (OP) Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Bulog, sehingga tim meminta agar Perum Bulog segera memasok beras medium OP CBP Bulog ke pasar-pasar tradisional wilayah Kota Mataram, guna menjaga stabilisasi harga.

Pihak Perum Bulog Divre NTB menerangkan bahwa saat ini memiliki stok beras cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat NTB untuk 9 (sembilan) bulan kedepan dan pengadaan juga terus berjalan sehingga stok akan terus bertambah. Perum Bulog Divre NTB akan segera memasok beras medium OP CBP Bulog ke pasar-pasar tradisional yang ada di wilayah Kota Mataram (direncanakan mulai hari Kamis tanggal 19 April 2018). Selain itu pedagang juga bisa membeli langsung ke Bulog dalam bentuk curah (tidak dikemas) dengan harga Rp. 8.200,- per Kg. Selama ini pasokan beras medium OP CBP Bulog memang dihentikan pasokannya ke masyarakat karena pelaksanaan OP CBP Bulog sempat dihentikan dan baru dimulai kembali terhitung tanggal 16 April 2018 melalui distributor besar, mitra bulog, pedagang pengecer di pasar rakyat, Rumah Pangan Kita (RPK) dan Satgas Bulog.


Pukul 10.40 Wita, Sidak dilanjutkan di Pasar Mandalika Kota Mataram dan didampingi oleh Kepala Pasar, Ismail yang menjelaskan harga bahan kebutuhan pokok masih relatif stabil.
Tim Terpadu juga menghimbau kepada Kepala Pasar beserta staf dan para pedagang di pasar tradisional untuk ikut menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok bahan kebutuhan pokok masyarakat menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1439 H sehingga tidak terjadi gejolak di masyarakat.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close