Breaking News

Sejumlah Kegiatan Digelar Dalam rangka Peringati Hari Tri Waisak 2562 BE

Tabur Bunga Dimakam Pahlawan Salah Satu Kegiatan Yang Gelar Dalam Rangka Sambut Hari Tri Waisak

Mataram (postkotantb.com)- Sejumlah kegiatan di gelar oleh umat Buddha NTB dalam rangka menyambut hari raya Waisak ke 2562 BE. Bimas Buddha Kementrian Agama Provinsi NTB Suliarna S.Ag, M.Si mengatakan peringatan Tri suci Waisak tahun 2018 ini banyak rangkaian kegiatan yang di adakan oleh umat Buddha  NTB sebelum peringatan hari puncak perayaan waisak 2562 yang jatuh pada hari selasa (29/5). 

Sejumlah kegiatan yang di lakukan diantaranya seperti SPD sebulan pendalaman Dhamma yang di adakan oleh semua Vihara Vihara di NTB selama sebulan penuh menjelang waisak, Pengambilan Air Suci waisak yg di adakan di Suranadi dan pawang Buani Lombok Utara. Selain itu menggelar donor darah yang di adakan oleh Paguyuban Sosial Marga Tiong Hoa Indonesia NTB di Rumah sakit Harapan Keluarga. 

Pada hari minggu (27/5) umat buddha NTB melakukan bersih bersih, tabur bunga dan mengheningkan cipta di makam pahlawan Majeluk Mataram sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan bangsa yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan RI. Acara ini juga di hadiri Wakil Ketua DPRD KLU yang langsung memimpin acara mengheningkan cipta di makam pahlawan majeluk, Sudirsah sujanto,S.Pd.B,S.IP.

Sudirsah mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yg di laksanakan bimas Buddha NTB. ia menambahkan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kontribusi positif yg di berikan oleh umat buddha NTB kepada bangsa dan negara khususnya daerah NTB karena umat buddha juga adalah bagian dari warga bangsa yang cinta dan menghargai jasa jasa para pahlawan.

"moment waisak ini adalah moment yang tepat untuk merangkai kebersamaan dalam berbedaan sesuai dengan tema waisak tahun ini bahwa umat Buddha harus berpikir baik, ber ucap baik dan bertindak baik untuk menjaga Harmoni dalam kebinekaan," ucapnya. 

Selain itu Sudirsah juga berharap Waisak Tahun ini akan selalu menghadirkan kedamaian, kebahagiaan dan kesejahteraan bagi semua Mahluk. 

Adapun perayaan puncak detik detik waisak ini jatuh pada tanggal 29 mei 2018 saat bulan purnama sidi dimana pada bulan waisak ini umat Buddha memperingati 3 pristiwa penting yang sangat Agung yaitu : Kelahiran Buddha, Buddha mencapai penerangan Agung dan wafatnya atau mencapai Parinibana nya Buddha Gotama.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close