Friday, December 14, 2018

Dr. Zul Resmikan Depo LPG Berkapasitas 2X1500 MT Di Sekotong

Penekanan tombol di layar sebagai simbol di resmikannya depo mini LPG di kawasan Sekotong
Lombok Barat, – Gubernur NTB Dr.H. Zulkieflimansyah S.E.,M.Sc bersama PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Patra Niaga (PPN) Kamis (13/12)  meresmikan pembangunan Depot Mini LPG berlokasi di Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. 

Hadir pada peresmian ini Gandhi Sriwidodo sebagai Direktur Logistik Supply Chain dan Infrastruktur, didampingi oleh para pejabat Pemda tingkat I NTB, Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Ageng Giriyono dan Direktur Operasional PT Pertamina Patra Niaga Made Adi Putra.

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. Zulkieflimansyah mengatakan Pemerintah memposisikan diri sebagai "Steering The Wheel" atau pengendali kemudi. "Artinya Pemerintah memastikan keberadaan depot menyenangkan, aman sehingga perkembangan kedepan akan terus meningkat," tegasnya.

Gubernur juga mengingatkan jajaran direksi agar memperhatikan masyarakat sekitar. " Kami berharap masyarakat sekitar menikmati pembangunan dengan program pemberdayaan dengan merekrut masyarakat sekitar untuk menjadi pekerja di tempat ini," ujar gubernur. 

Dr. Zul menyindir KEK yang menyebut kawasan tersebut terlalu ekslusif sehingga masyararakat tidak bisa mengakses kawasan tersebut. 

"Di Mandalika terdapat hotel megah dengan kawasan yang begitu indah, namun masyarakat sekitar mandalika jarang bisa menikmati, jangankan mau menginap masuk kawasan saja tidak boleh," ungkapnya sedih.

Sementara itu Direktur Utama PPN Ageng Giriyono menyampaikan pembangunan Depot Mini tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan LPG di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sekitarnya serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Lombok khususnya dengan ketahanan stock dari 3 hari menjadi 10 hari sehingga security of supply meningkat. 

"Kami mengharapkan doa dan dukungan dari semua pihak agar Depot LPG ini berjalan sesuai dengan tujuannya. Pembangunan Depot Mini LPG di Lombok Barat ini menjadi yang pertama di NTB," terangnya.

Depot Mini LPG yang dibangun oleh PPN ini memiliki kapasitas 2 X 1500MT yang berada di atas lahan seluas 60.310M2 dengan kapasitas dermaga 3500DWT dan menjadi bagian dari salah satu program Pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) untuk mendukung program konversi minyak tanah ke elpiji.

Supply Point untuk Depot Mini LPG tersebut didatangkan dari Kalbut Situbondo melalui kapal tanker LPG yang bersandar langsung di lokasi Depot Mini LPG untuk kemudian

disimpan di Storage LPG Lombok dan di salurkan ke SPPBE dengan menggunakan Skid Tank Truck LPG berkapasitas 12MT.(RZ)

No comments:

Post a Comment