Wednesday, December 26, 2018

Kunjungi Sejumlah Pura, Danrem 162/WB Pantau Perayaan Galungan Dan Kuningan

Danrem 162/WB Kol Czi Ahmad Rizal mengunjungi Pura Batu Bolong memantau pelaksanaan perayaan Galungan dan Kuningan
Mataram (postkotantb.com)- Danrem 162/WB Kol Czi Ahmad Rizal memantau langsung pelaksanaan perayaan hari raya Galungan dan Kuningan di wilayah Mataram dan Lombok Barat.

Didampingi jajaran perwira Korem 162/WB, Danrem mengunjungi Pura Batu Bolong yang berada di Batu Layar Kecamatan Bati Layar Kabupaten Lombok Barat, Rabu (26/12). Di pura ini Danrem di sambut hangat umat hindu yang melaksanakan persembahyangan. Selain itu Danrem juga menggelar dialog dengan tokoh agama dan masyarakat yang mengikuti persembahyangan. 

Danrem Ahmad Rizal mengatakan, kedatangannya ke Pura Batu Bolong ingin melihat langsung pelaksanaan perayaan hari raya Galungan dan Kuningan. Selain itu Danrem juga menjelaskan kondisi terkini di Lunyuk Kabupaten Sumbawa yang sempat terjadi konflik antara dua suku. 

Kepada masyarakat hindu yang melaksanakan persembahyangan Danrem menyatakan kondisi di Lunyuk telah normal dan aman. Kedua belah pihak yang sebelumnya sempat terjadi ketegangan telah damai. 

"Situasi di Lunyuk sudah aman dan kondusif, memang sempat terjadi ketegangan tetapi kesigapan aparat mampu meredam, dan saat ini kondisi telah seperti sediakala, saya berharap saudara saudara umat hindu untuk tidak terpengaruh isu hoax atau informasi yang tidak benar," papar Danrem. 

Sementara tokoh agama sekaligus penanggung jawab  Pura Batu Bolong Mangku Wayan Keteg Sembade mengucapkan terima kasih atas kunjungan Danrem pada perayaan Galungan dan Kuningan. Ia menjelaskan perayaan Galungan dan Kuningan berlangsung aman dan lancar. Terkait persoalan di Lunyuk Mangku menyatakan pihaknya telah mendapatkan informasi kondisi yang aman dan stabil paska terjadinya ketegangan antara dua suku di daerah tersebut. 

"Saya juga sudah mendapat informasi bahwa situasi di Lunyuk sudah aman, saya mengucapkan terima kasih kepada semua aparat yang telah membuat kondisi di wilayah tersebut kondusif, kami juga menghimbau agar masyarakat untuk lebih menahan diri terutama lebih bijak dalam menggunakan HP," ujarnya. 

Usai mengunjungi Pura Batu Bolong, Danrem bersama rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Pura Umum Gunung Baleku di wilayah Lendanv Bajur Kecamatan Gunung Sari. Beberapa pura juga di kunjungi Danrem dalam pemantauan pelaksanaan Galungan dan Kuningan, yakni Pura Mayura dan Pura Lingsar.(RZ) 

No comments:

Post a Comment