Monday, December 10, 2018

LCC Gelar Senggigi Clean Up, Berhasil Angkut Ratusan Karung Sampah


Anggota LCC membersihkan sampah di sepanjang pantai Senggigi, ratusan karung sampah berhasil di bersihkan di kawasan ini
Lombok Barat (postkotantb.com)- Lombok Care Comunity atau Insan Peduli Pariwisata bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Lobar, Camat Batu Layar dan sejumlah ekspatriat yang bermukim di kawasan wisata Senggigi menggelar aksi bersih bersih di kawasan wisata Senggigi, Senin (10/12). 

Aksi bersih bersih yang di kemas dalam Senggigi Clean Up ini di mulai dari pasar seni yang di lanjutkan ke kawasan Hotel Santosa, Hotel Sheraton dan lokasi tempat di gelarnya Senggigi Sunset Jazz Festival. Kegiatan yang di mulai pada pukul 08:00 Wita ini berhasil mengumpulkan Ratusan karung sampah plastik dan organik. 

Terutama di lokasi di gelarnya festival musik jazz, sampah plastik berserakan di tempat ini. Sampah yang sebagian besar berasal dari pengunjung ini tidak maksimal di bersihkan oleh panitia usai acara. Kordinator LCC Pasek Arianta mengatakan aksi bersih bersih kawasan wisata rutin di gelar. Sebelum di lakukan aksi Senggigi Clean Up,  LCC juga telah beberapa kali menggelar aksi bersih pantai di kawasan wisata Senggigi.

"Agenda ini akan tetap dilakukan di Senggigi sembari mengedukasi para pengunjung dan pedagang untuk mengatasi masalah sampah di areal obyek wisata Senggigi," ujarnya. 

Selain anggota LCC yang berjumlah 100 orang, aksi bersih bersih ini juga di ikuti oleh Camat Batu Layar Drs Haji Mahyudin dan sejumlah ekspatriat yang bermukim di Senggigi. Kegiatan bersih bersih ini mendapat apresiasi dari camat dan para ekspatriat tersebut. Merekapun tanpa sungkan ikut mengambil sampah plastik yang sebagian besar berupa botol minuman dan pembungkus makanan. 

Salah satu Ekspatriat yang bermukim di kawasan Senggigi Cristina Sakinah Nauderer menyambut positif aksi bersih bersih tersebut. Bahkan bule keturunan Jerman ini mengaku siap ikut serta bila kegiatan serupa di gelar lagi. 

Sampah sampah ini kemudian di angkut menggunakan kendaraan milik Dinas Lingkungan Hidup yang kemudian di kirim ke TPA. Pasek berharap pemerintah lebih gencar lagi memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan terutama di kawasan wisata.  Edukasi kepada masyarakat terutama pengunjung di kawasan ini ungkap Pasek bisa berbentuk Plank himbauan serta pemerintah juga menempatkan Satgas Sampah.(RZ) 

No comments:

Post a Comment