Thursday, January 10, 2019

Humas NTB Bentuk PRCC, Unit Kerja Khusus Pengelolaan Isu Dan Informasi

Kabag Humas Pemprov NTB Najamudin Amy menyatakan di era kepemimpinan Dr. Zul humas akan berbenah dan penuh inovasi
Mataram (postkotantb.com)- Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Najamuddin Amy, S.Sos., MM melakukan terobosan baru dalam menyampaikan infomasi Kehumasan Kegiatan Gubernur dan Wakil Gubernur serta OPD lingkup Pemerintahan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Setelah dua hari ia dilantik sebagai Kepala Bagian Pemberitaan sekaligus PLT Karo Humas, pengelolaan semua informasi akan terpusat dalam Public Relation Command Center (PRCC) yang berlokasi di area Media center Humas Pemprov. 

"Mulai dari pengelolaan isu, pengawasan media, trust management dalam Tim Public Relation hingga Tim Penyelaras, isu yang berkembang akan cepat kita kelola sehingga cepet terselesaikan, semua kinerja dinas terpantau sehingga bisa selaras dengan visi misi NTB Gemilang," paparnya, Rabu, 9 Januari 2019.

Diketahui unit kerja dalam PRCC tergabung dalam delapan tim sesuai fungsinya masing-masing.

Delapan tim tersebut yaitu, Tim Produksi yang memproduksi buletin kehumasan, video profil, baliho dan lainnya. Kemudian Tim Info Media akan berfungsi menyelenggarakan konferensi pers dan kebutuhan media lainnya.

Tim Public Relation akan membangun trush management, public issue dan media kontrol. Tim Penyelaras akan berfungsi sebagai penyelaras RPJMD dan program unggulan. Tim PPID akan berfungsi sebagai pusat data dan informasi publik.

Kemudian tim lainnya yakni Tim Sendok Plit sebagai pembuat kaleidoskop elektronik dan dokumentasi peliputan. Dua tim lainnya yakni Tim Protokol dan Tim Kreatif Gubernur/Wakil Gubernur yang bekerja sebagai fungsi mereka.

Ia menjelaskan fungsi Humas sebagai juru bicara pemerintah telah siap ia emban dengan melakukan pembenahan internal.

"Kita fungsikan semua sarana dan prasarana seperti Tim Produksi media dan periklanan, data dan informasi publik serta tim kreatif Gubernur dan Wakil Gubernur akan bekerja dalam mendukung tugas pemerintah agar semua informasi apapun akan sampai kepada masyarakat," kata mantan Kabag Humas KSB ini.

Lebih lanjut ia mengungkapkan penguasaan teknologi informasi sangat diperlukan mulai dari pemanfaan media sosial hingga membangun sinergitas dengan media online, cetak dan elektronik.

"Menjaga kepercayaan publik itu adalah keniscayaan, saya yakin dengan konsep ini Humas akan memiliki kemampuan mengelola issue menjadi berita positif dan informatif, mari kita bangun kerjasama yang baik untuk memberitakan hal positif dan informatif," tukasnya.

Dalam wawancara singkatnya dengan beberapa media di Mataram usai melakukan media visit serta menyelaraskan pelayanan publik dengan Ombudsman, Najamuddin berharap sinergitas dengan media tetap terjaga. (RZ)

No comments:

Post a Comment