Breaking News

Integritas Kemitraan, Rektor UNS Silaturrahim Dengan Wabup Sarifudin


Lombok Utara (postkotantb.com) - Bertempat di Desa Gumantar Kayangan, Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin, menerima kunjungan pengabdian pada masyarakat oleh rektorat dan civitas akademika Universitas Sebelas Maret Solo (UNS) dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik bertajuk Integritas Kemitraan. Dalam kegiatan tersebut, dilakukan pula penyerahan 125 Hunian Sementara (Huntara) korban gempa, penyerahan MCM sehat, penyerahan bantuan sarana pemberdayaan ekonomi, peresmian Masjid Nurul Muttaqin Desa Gumantar (31/1).

Hadir juga pada kesempatan itu Camat Kayangan H. M. Tohir, unsur OPD Setda KLU, civitas akademika UNS, tokoh agama, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS Prof. Dr. Sulistyo Saputro, dalam pengantarnya menjelaskan  pada tanggal 5 Agustus 2018 silam telah dibentuk tim Tanggap Bencana Lombok UNS yang bekerja sama dengan berbagai stakeholder diantaranya unsur TNI/Polri, Pemkab Seragen, pihak rumah sakit.

"Saat itu, kami membentuk empat tim. Tim pertama melakukan evakuasi korban, tim kedua melakukan rujukan ke rumah sakit. Tim ketiga saya sendiri yang memimpin bersama 15 dokter terdiri dari dokter umum, dan spesialis. Kemudian tim keempat satu dokter bedah tulang dan enam perawat juga berada di RSUD Provinsi NTB, serta  bantuan obat-obatan dan logistik," kenangnya.

Untuk rekontruksi dan trauma healing, lanjutnya, melibatkan psikiater selama 5 bulan, yang terasa berat ketika memasang paralon hampir 5 ribu lonjor pipa sehingga dalam waktu satu bulan air sudah bisa mengalir. 

"Di samping itu juga kami membangun 16 unit MCK pada 13 dusun yang ada di Desa Gumantar. Kami juga membangun empat masjid serta membagikan Al-Qur'an
kemudian memberikan pelatihan terhadap kelompok UKM yang ada di Desa Gumantar," ulasnya.

Dalam pada itu, Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin, dalam sambutannya di hadapan civitas akademika UNS menyatakan bahwa kehadiran rekorat dan civitas akademika UNS memberikan semangat bagi masyarakat Lombok Utara untuk bangkit.

Lanjut Wabup, Pemerintah Daerah KLU dan masyarakat Gumantar Lombok Utara pada umumnya, menyampaikan terima kasih yang tak terhingga, atas apa yang telah diberikan pada penanggulangan bencana gempa.

"Upaya yang kami lakukan dari pemerintah daerah, belum begitu maksimal melakukan pembangunan hunian untuk masyarakat, karena banyak kendala yang kami hadapi, tetapi kami terus berusaha dan berusaha," semangat wabup diujung sambutannya.

Sementara itu, Rektor UNS Prof. Dr. Ravik Karsidi, mengungkapkan apa yang dilakukan oleh tim UNS itu tidak ada apa-apanya. Semata-mata karena persaudaraan dan pengabdian terhadap masyarakat. Membentuk tim tanggap bencana gempa untuk Lombok.

Ada tiga tahapan, lanjutnya, pertama program tanggap bencana gempa, berikutnya tahap pemulihan dan rekontruksi dan yang ketiga pemberdayaan pascagempa.

"Kami titip anak-anak mahasiswa untuk KKN mengabdikan dirinya. Kerjasama dan kebersamaan masyarakat disini dengan UNS, semoga menjadi wahana persaudaraan. Kalau memang ada anak-anak kita disini yang mau kuliah, silahkan didaftarkan. Kami memberikan beasiswa, selain itu UNS memelopori mahasiswa berbakat yang Hafidz Qur'an," jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dari Rektor UNS kepada Wakil Bupati Lombok Utara serta penyerahan secara simbolik 125 Huntara, diakhiri dengan penandatanganan prasasti oleh Rektor UNS. (sta/Eka)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close