Tuesday, July 2, 2019

Pemuda Harus Jeli Dengan Peluang Bisnis


Lombok Timur (postkotantb.com)- Masih minimnya pemuda di Lombok Timur yang mau menggeluti bisnis mendapatkan perhatian dari Ketua DPD KNPI Lombok Timur, dr. Kurnia Akmal. Menurutnya, mayoritas pemuda di Lombok Timur masih lebih tergiur menjadi karyawan ketimbang berbisnis atau berwira usaha. "Masih banyak pemuda yang terpengaruh oleh keluarga dan lingkungan bahwa penilaian kesuksesan seseorang jika menjadi karyawan atau pegawai padahal belum tentu penghasilannya bisa untuk kebutuhan sehari-hari", ujarnya kepada wartawan Post Kota NTB di Selong, Selasa (2/7).

Support pemerintah juga sebenarnya sangat besar bagi masyarakat yang ingin berwirausaha melalui instansi-instansi seperti Dinas Sosial, Koperasi dan UKM, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, juga dinas lainnya. Sayangnya yang mengakses bantuan tersebut sangat minim dari pemuda, tambahnya.

Pemanfaatan pemuda oleh para politisi dalam berbagai momen kontestasi politik tidak dipandang sebagai peluang oleh rekan-rekan muda manakala para politisi yang didukung sukses mendapatkan kursi bisa mempermudah akses bantuan untuk berwirausaha melalui bantuan sosial. Teman-teman muda lebih menikmati euforia ketimbang mendapatkan keuntungan lebih besar dari kerja politik yang dilakukannya. Demikian juga dalam pemilihan kepala daerah, rekan-rekan muda lebih memilih didudukkan sebagai karyawan perusahaan daerah ketimbang kemudahan akses modal usaha dan pembinaan wira usaha, tambahnya.

Pada intinya permasalahan yang ada pada pemuda saat ini adalah kurang pandai membaca peluang bisnis sehingga jarang dari mereka yang bergerak pada ekonomi produktif. 
Pemuda masih lebih tertarik pada persaingan kepentingan politik.
Sangat diperlukan kader penggerak ekonomi di kalangan pemuda agar pemuda mapan secara ekonomi dan tidak gamang dalam berpolitik, pungkasnya.

Kurnia Akmal juga menuturkan, bahwa saat ini sedang mempersiapkan sebuah gerakan menuju pemuda yang mandiri dan produktif melalui kerja dan usaha dalam segala bidang dengan memberdayakan segenap potensi dan talenta pemuda. (Darma)

No comments:

Post a Comment