Wednesday, August 28, 2019

Siaga Kekeringan, Bupati Gelar Rapat Koordinasi

Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy Menggelar Rapat Koordinasi Dengan Sejumlah OPD Terkait Penanganan Kekeringan, Rabu (28/8).
Lombok Timur (postkotantb.com)- Mengantisipasi kekeringan di sejumlah wilayah di daerah ini, Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah OPD terkait, Rabu (28/8).

Pada rapat tersebut hadir pula Camat dari wilayah yang diprediksi akan mengalami kekeringan seperti Jerowaru, Keruak, Sakra Timur, Sambelia, Suela, dan Terara. 

Rapat koordinasi ini dalam rangka menindaklanjuti Keputusan Bupati nomor 188.45/376/BPBD/2019, tentang Penetapan Status Siaga Darurat Kekeringan di Kabupaten Lombok Timur. Dalam keputusan tersebut, Status Siaga Darurat Kekeringan dimulai pada 22 Juli dan berakhir pada 31 Desember 2019.

Bupati Lombok Timur mengeluhkan pembangunan Tower air di Tutuk, yang diperkirakan dapat tuntas dan dioperasikan pada Agustus. Sayangnya hingga saat ini tower tersebut belum tuntas, sehingga Pemerintah masih harus menghadapi persoalan yang sama dengan tahun sebelumnya. Pemerintah harus melakukan kembali langkah seperti tahun lalu, salah satunya dropping air bersih di sejumlah titik. Karenanya Bupati meminta agar tower air Tutuk dapat segera diselesaikan, termasuk jaringan pipa dan kelengkapannya. 

Bupati HM.Sukiman Azmy mengingatkan untuk menetapkan skala prioritas yang harus dilakukan.

Sementara itu untuk antisipasi kekeringan, HM.Sukiman Azmy memperkirakan  alokasi dana yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu pada kisaran Rp. 1,02 M sampai dengan Rp. 1,08 Milyar. Selain itu diingatkannya pula agar dalam kegiatan ini dalam pelaksanaannya tertib administrasi. Dengan demikian kegiatan ini tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Rencananya Pemda Lombok Timur akan mengerahkan tujuh mobil tangki dari PDAM, Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, PMI, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang akan melakukan dropping air bersih. Direncanakan pula pengadaan infrastruktur tandon air, juga pembuatan sumur bor. (Mul)
                                                                            

No comments:

Post a Comment