Breaking News

Tindklanjuti Keluhan Warga, Lalu Zulfikar Ali Desak PLTU Angkut Limbah Abu Pembakaran

Lalu Zulkikar Ali 
Lombok Barat (postkotantb.com)- Warga Dusun Jeranjang desa Taman Ayu Kecamatan Gerung Lombok Barat, mengeluhkan limbah abu sisa pembakaran Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeranjang, yang ditampung di Disposal (tempat Penampungan) di sekitar lokasi PLTU setempat, berterbangan hingga masuk ke pemukiman warga. Dampaknya, menyebabkan warga mengalami gangguan pernapasan (ispa), batuk, pilek dan sakit mata. 

Menindaklanjuti keluhan warga ini, anggota dewan dari daerah setempat Lalu Zulkikar Ali pun mendesak agar pihak PLTU segera mengangkut limbah abu tersebut keluar dari areal PLTU. Demikian ditegaskan politisi Berkarya ini saat ditemui di gerung kemarin.

Zulfikar menegaskan, banyak warga setempat mengadu dan mengeluh ke dirinya terkait abu limbah abu sisa pembakaran di tempat Penampungan PLTU.  Gelombang keluhan Warga ini kata dia mulai terjadi sejak beberapa bulan terakhir lantaran  limbah abu tersebut masuk ke pemukiman akibat diterangkan angin Timur. 

"Limbah Abu sisa pembakaran ini sudah menumpuk di Disposal (tempat Penampungan), sehingga diterbangkan angin Timur.  "Banyak warga mengeluh ke saya mulai, juli, agustus dan Sampai sekarang. Karena itu, saya minta agar limbah abu ini yang sudah menumpuk segera diangkut (dikeluarkan) dari tempat Penampungan, "tegas Lalu Zul sapaan akrab dari politisi muda ini.  

Dijelaskan, limbah abu sisa pembakaran ini harus segera diangkut dan dimusnahkan agar tidak diterbangkan angin. Apalagi kata dia, saat ini tengah musim kemarau dan angin Timur. Angin yang bertiup dari timur ke barat menerbangkan abu ke pemukiman warga, masjid dan sekolah. Sehingga akibat abu ini kata dia, banyak warga dan anak-anak mengeluh terkena penyakit ispa, sakit mata, batuk, pilek. Bahkan kata dia, limbah abu masuk ke sumur - sumur milik warga sehingga dikhawatirkan tercemar limbah tersebut.  

Warga pun kata dia, mendesak agar limbah abu tersebut segera diangkut dan dikeluarkan dari Penampungan tersebut. 
Pasalnya, ia sendiri sudah turun ke lokasi mengecek lokasi Penampungan.  "Jadi setelah saya cek memang limbah abu ini sudah menumpuk sekali karena tidak pernah diangkut,"tegasnya.

Langkahnya selaku Dewan, ia akan mengajak pihak Dinas Lingkungan Hidup turun ke lokasi Penampungan limbah abu tersebut. Sebab kata dia kondisi limbah ini meresahkan warga sekitar karena merasa sangat terganggu. 

Dirinya mendesak juga agar pihak DLH lebih responsif dalam menindaklanjuti keluhan warga akibat limbah abu tersebut. Lebih-lebih kata dia, daerah ini menjadi lokasi pembangkit listrik yang nota bene rawan terkena dampak dari limbah sisa pembakaran. 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lobar, Budi Darmajaya mengatakan, pihaknya belum mendapatkan laporan dan keluhan dari warga terkait abu tersebut.

"Nanti kami akan turun cek kalau memang abunya beterbangan nanti kita tegur mereka (PLTU red)," tegasnya.

Terkait tuntutan warga agar limbah abu diangkut dari Penampungan,  hal ini akan dicek dulu barulah menentukan langkah selanjutnya. (Eka)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close