Friday, September 13, 2019

PKK Lobar Si’arkan Program Gerakan Masyakarat Hidup Sehat

Ketua TP PKK Hj Khairatun Fauzan Khalid bersama anggota PKK serta kader posyandu berolahraga senam di kantor Camat Labuapi
Lombok Barat (postkotantb.com)- PKK Lombok Barat aktif turun ke masyarakat untuk melaksanakan program kerja PKK yang disinergikan dengan program Pemda disegala sektor. Salah satunya, program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dicanangkan oleh Dinas Kesehatan dan Kementerian Kesehatan RI. PKK dipimpin langsung ketua TP PKK Hj Kharitun menyasar semua kecamatan, desa hingga dusun untuk mensiarkan Germas dimana salah satunya pola hidup bersih dan sehat (PHBS) yang masuk dalam program PKK.

Hj Khaeratun yang ditemui saat kegiatan senam sehat di kantor Camat Labuapi, mengatakan bahwa salah satu upaya kongkret dalam melaksanakan Germas melalui akrtivitas fisik melalui olahraga senam sehat. PKK pun kata dia ikut membantu program pemda mensosialisasikan kepada masyarakat tentang Germas ini, sehingga masyarakat tahu program pemda ini. Dengan masyarakat tahu program ini, maka bisa dilaksanakan dan kerjakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pihaknya keliling ke 10 kecamatan melakukan kegiatan semacam ini, sekaligus bersilaturahmi dengan kader-kader posyandu, warga, semua lingkup Forkopimcam. “Harapan kita dengan melakukan kegiatan ini siar Germas itu bisa sampai kepada akar-akarnya (masyarakat paling bawah), karena yang hadir ini kan akder-kader dari dusun-dusun, desa. Kami yakin mereka sudah tahu, namun kita mensosialisasikan lebih lagi, ”jelasnya.

Salah satu program Germas yang dilaksanakan adalah PHBS yang juga masuk program PKK. Pihaknya tidak saja mensosialisasikan PHBS ini, namun dipraktekkan langsung, salah satunya dengan memakan buah dan sayur. Pihaknya menyiapkan buah dan sayur, kemudian dibagi ke masyatakat.

“Dari haal-hal sederhana seperti ini kita mengharapkan generasi kedepan dengan pemahaman orang tua lebih banyak tentang PHBS ini, sehingga kedepan terus semakin baik,”imbuhnya.

Menurutnya, pihak PKK tidak saja bekerjasama dan kolaborasi dengan OPD di sektor kesehatan saja namun di semua sektor. Bahkan PKK kata dia, di semua OPD. Seperti bidang PAUD pihaknya kerjasama dengan Dikbud, kemudian dengan Disperindag dan diskop dalam melaksanakan UP2K. Ada juga yang bersinggungan langsung dengan program Hati-nya PKK, seperti  pemanfaatan pekarangan bekerjasama dengan DKP dan Ketahana Pangan.

“Kita konsumsi juga program dari mereka (OPD), sehingga setiap akhir tahun kami merancang program kerja, kami mengundang semua OPD, apa sih program mereka, itu kami bantu,”jelasnya.

Kepala dinas kesehatan H Rahman Sachnan Putra mengatakan implementasi Germas perlu keterlibatan semua pihak. Di pusat, germas dikawal 21 lembaga kementerian. Demikian juga di NTB dan Lobar, tidak harus dikawal Dikes saja. Ada Dispora harus aktif dalam rangka mengajak masyarakat rutin berolahraga. Ada pula Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian, yang bertugas menjaga ketersediaan buah, sayur, dan pangan lainnya.

“Menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan,” imbuhnya. termasuk kata dia PKK yang berperan aktif dalam program Germas ini. (Eka)

No comments:

Post a Comment