-->

Sekda Lobar Tekankan Jangan Jadikan Harganas Rutinitas

, Thursday, October 24, 2019 WIB Last Updated 2019-10-24T13:02:18Z

Lombok Barat (postkotantb.com)- Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) H. Moh. Taufiq menghadiri Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke- 26 tingkat Kabupaten Lombok Barat Tahun 2019 yang digelar di halaman Kantor Camat Labuapi, Kamis (24/10).

Dalam kesempatan tersebut, sekda mengingatkan agar momentum peringatan Harganas tidak hanya dijadikan serimonial belaka. Lebih-lebih kata dia,  sekarang ini, masyarakat  menghadapi era digital atau fase revolusi 4.0. Suka tidak suka efek positifnya banyak, tapi akibatnya akan terjadi semacam perubahan pola hidup. Karena terjadi perubahan, maka akan terjadi kerentanan yang disebut dengan dehumanisasi dan disfungsi keluarga. Malah akan terjadi melemahnya hubungan antar keluaga. Untuk itu sekda mengajak untuk mengintrospeksi diri dengan tujuan menciptakan keluarga yang tangguh dan berkualitas.

“Masalah narkoba menjadi tugas kita bersama, perhatikan dengan siapa anak-anak kita bergaul. Dalam rangka menciptakan keluarga yang lebih besar itu barus menjadi perhatian kita bersama, kita mulai dari keluarga kita sendiri. Betapa penting arti sebuah keluarga, kalau keluarga tidak harmonis, negara juga akan goncang, kalo keluarga harmonis, negara aman.  Kunci keluarga harmonis itu adalah agama, tujuannya adalah kebahagiaan. Kebahagiaan itu di hati dan pikiran,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Lombok Barat Hj. khaeratun Fauzan Khalid dalam kesempatan itu berharap Harganas dapat menjadi momentum untuk meningkatkan komitmen bersama dalam rangka membangun keluarga kecil bahagia, dan sejahtera yang berkarakter.

“Harganas tahun ini mengambil tema Hari Keluarga, Hari Kita Semua. Tema tersebut menyelipkan pesan Cinta Keluarga, Cinta Terencana, Cinta Lombok Barat. Dengan tema dan pesan tersebut hendaknya kita jadikan spirit dalam upaya membangun Kabupaten Lombok Barat yang Amanah, Sejahtera dan Berprestasi atau Lombok Barat Mantap,” tegasnya.

Kegiatan Harganas tingkat Kabupaten Lombok Barat ini juga dirangkai dengan  aneka lomba dan pelayanan KB bagi keluarga miskin di seluruh kecamatan se-Lombok Barat dalam bentuk apresiasi peran serta pemerintah desa dalam meningkatkan capaian pelayanan KB khususnya metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan pembagian hadiah seperti Lomba Kelompok Bina Keluarga Balita yang diraih oleh BKB Cempaka atas nama Maknah dari Kelurahan Gerung Selatan, Kecamatan Gerung. Selanjutnya, Lomba Kelompok Bina keluarga Remaja yang diraih oleh Tirtawati dari Kecamatan Gunungsari, serta Lomba Pengelola Kelompok UPPKS yang dimenangkan Sartini, dan lomba lainnya. (Eka)
Komentar

Tampilkan

Terkini