-->

TPA Kebon Kongok Terbakar, Dua Desa Terpapar Asap Kebakaran

, Monday, October 14, 2019 WIB Last Updated 2019-10-14T06:28:56Z
Salah satu warga melihat kepulan asap terbakarnya TPA Kebon Kongok, sampai berita ini di turunkan asap masih mengepul di lokasi kebakaran
Lombok Barat (postkotantb.com)- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Kebon Kongok yang berada di Desa Suka Makmur Kecamatan Gerung Lombok Barat di lalap si jago merah, Minggu (13/10). Namun api sampai hari ini masih terlihat.

Seperempat lahan dari total 8,4 hektar lahan TPA Kebon Kongok ludes terbakar. Kepala UPT TPA Regional Kebon Kongok Didik Mahmud yang di konfirmasi melalui saluran telpon menjelaskan kebakaran lahan tersebut di duga karena panas matahari dan adanya letupan kecil yang di duga berasal dari sisa korek gas yang berada di lereng.

Angin yang kencang membuat letupan kecil tersebut menimbulkan kebakaran hebat dan melahap hampir seperempat luas lahan.

"Dari info yang kita dapatkan kebakaran terjadi di lereng sebelah belakang, ada suara letupan kecil seperti korek gas yang meledak, mungkin karena terik matahari jadi korek tersebut meledak," paparnya. 

Didik mengatakan akibat kebakaran ini distribusi sampah ke kebon kongok di batasi. Masih adanya bara api membuat aktivitas di kebon kongok terganggu.

"Untuk hari ini kita batasi drop sampah, masih ada apinya jadi kita tidak ingin terjadi hal yang tidak kita inginkan," ujarnya. 

Upaya pemadaman lahan yang terbakar masih terus di lakukan oleh PMK Lombok Barat. Akibat terbakarnya kebon kongok dua desa yang berdekatan dengan lokasi seperti Kuranji dan Perampuan terpapar asap.

Didik menyatakan pihaknya telah melakukan kordinasi dengan Dinas Kesehatan Lombok Barat dan puskesmas di dua desa untuk standby dan membagikan masker kepada penduduk. 

"Iya kita sudah melakukan kordinasi dengan puskesmas di dua desa, tadi juga kita sudah bagikan masker," jelasnya melalui saluran telpon.

TPA Kebon Kongok merupakan TPA yang di manfaatkan oleh dua daerah yakni Kota Mataram dan Lombok Barat. Adapun kapasitas Kebon Kongok mencapai 900 Ribu Meter Kubik. Sementara luas lahan TPA Kebon Kongok 8 hektar lebih. Saat ini pengelolaan sampah di TPA Kebon Kongok menggunakan metode Landfill.(RZ) 
Komentar

Tampilkan

Terkini