Tuesday, November 12, 2019

Hasil Pra FS Pembangunan Jembatan Lombok-Sumbawa Butuh Anggaran 16 Triliun

Asisten dua Setda NTB Ridwansyah mengatakan hasil fra FS terhadap pembangunan penghubung Lombok-Sumbawa di butuhkan anggaran 16 Triliun
Mataram (postkotantb.com)- Setelah melalukan pra pengkajian (Feasibility Studies) rencana pembangunan jembatan penghubung Lombok-Sumbawa, Pemprov NTB kembali akan melakukan pengkajian lebih mendalam terhadap rencana pembangunan proyek tersebut. 

Asisten dua Setda NTB Ridwansyah mengatakan pada pra FS yang di lakukan oleh konsultan PT Korindo telah di ketahui data awal yakni panjang jembatan penghubung ini 17 kilometer dari Telong elong hingga ke Poto Tano. Selain itu diketahui kedalaman perairan di wilayah ini kurang dari 30 meter dan ada yang lebih dari 30 meter, rekomendasi dari Korindo perairan yang kurang dari 30 meter akan di bangun menggunakan tiang pancang sementara perairan yang lebih dari 30 meter akan di bangun terowongan.

Adapun estimasi biaya yang di butuhkan perkilometer di butuhkan 800 Milyar dan total anggaran yang di butuhkan untuk membangun jembatan dari Lombok ke Sumbawa membutuhkan anggaran sebesar 16 Triliun. 

Untuk menarik investor membangun jembatan penghubung tersebut Pemprov NTB akan melakukan pengkajian lebih lengkap. Untuk FS yang lebih lengkap ini Pemprov NTB akan mengalokasikan anggaran sebesar 5 Milyar rupiah. 

"Kita akan lakukan FS lebih mendalam, bagaimana bisa kita jualan kalau kita tidak tahu produk yang kota jual, melalui  FS yang lebih lengkap ini nanti kita tawarkan ke investor untuk membangun, kita sediakan 5 Milyar untuk FS yang lebih lengkap pada tahun 2020 nanti," jelasnya.

Ridwansyah menyatakan pembangunan jembatan Lombok-Sumbawa di prakarsai oleh Kabupaten Sumbawa Barat dan mendapat dukungan oleh Gubernur. Bahkan kata Ridwansyah pembangunan jembatan penghubung Lombok-Sumbawa menjadi program unggulan gubernur.(RZ) 

No comments:

Post a Comment