-->

Kades Badrain Ajak Petani Pakai Pupuk Bersubsidi Hayati

, Wednesday, February 26, 2020 WIB Last Updated 2020-02-26T06:26:09Z
Kepala Desa Badrain Romi Purwandi S. Pd, 
Lombok barat (postkotantb.com)- Pupuk memiliki peranan yang penting dan strategis dalam peningkatan produksi dan produktivitas pertanian, oleh karena itu diperlukan suatu hasil proyeksi mengenai kebutuhan pupuk di masa yang akan datang untuk menjamin swasembada pangan.

Guna memenuhi kebutuhan petani terhadap pupuk, Kepala Desa Badrain Kecamatan Narmada Romi Purwandi S. Pd, Memproyeksikan  kepada masyarakat dan Kelompok Tani yang Berada Diwilayahnya, agar memakai Pupuk Bersubsidi Hayati.

Menurutnya, Pupuk Bersubsidi Hayati merupakan salah satu alternatif bagi petani, guna mengantisipasi kekurangan jatah pupuk bersubsidi sejak bulan Januari 2020 dikurangi, akibat adanya perubahan regulasi dari pemerintah.

Dijelaskannya, Pemerintah Desa Badrain telah menyiapkan pupuk bersubsidi yakni pupuk Hayati bernama Biokompreksi (pupuk cair), untuk kebutuhan petani di wilayahnya.

"Kami ingin melihat petani kembali kepada produksi beras organik, kami juga sudah melakukan uji coba memakai pupuk Biokompreksi di satu petak sawah, dan hasil panennya mencapai 10 ton," Jelasnya.

"Harga sama dengan pupuk bersubsidi, dan berfungsi mengurangi unsur-unsur kimia pada tanah tersebut, karena kita lihat sekarang kondisi tanah-tanah pertanian sudah mulai krisis. Maka solusi untuk mengembalikan tanah supaya subur, harus memakai pupuk Hayati Biokompreksi," Ucap Romy.

Romi berharap komitmen dari Pupuk Biokompreksi tahun ini, maka Narmada menjadi pilot project 2020 untuk Deplot pada semua Kelompok di semua desa. (Ali)
Komentar

Tampilkan

Terkini