Post Kota NTB Direktur Utama Aminuddin

Kampung Adat Sembagek, Kampung Tradisional yang Bersahaja

, Monday, February 10, 2020 WIB Last Updated 2020-02-10T05:58:57Z

Lombok Utara (postkotantb.com)- Kampung Adat Sembagek merupakan salah satu kampung yang ada di Sukadana, Bayan, Lombok Utara dan masih mempertahankan sisi tradisionalnya. Tidak ada akses listrik, tidak ada gadget, maupun barang-barang mewah modern lainnya.

Masyarakat di Sembagek hidup sangat bersahaja dan menyatu dengan alam. Masuk ke kampung ini perlu melewati hutan dengan jalan tanah dan batu, pohon tua yang berusia puluhan tahun, dengan akar yang menjulur akan menyambut para pengunjung di depan kampung ini.

Masuk lebih dalam, akan ada masjid tradisional dengan simbol ayam diatasnya, yang menjadi ciri khas dari masjid sembagek. Rumah-rumah disusun dengan rapi dan berundak,  serta beberapa hewan ternak milik warga terlihat dibelakang kampung.

Namun perlu diketahui, bagi pengunjung yang mengunjungi kampung sembagek, dilarang untuk mengambil foto maupun video, kecuali atas seiijin kepala dusun. Kemudian anda harus ditemani oleh masyarakat lokal atau tetua adat sebagai guide. Hal tersebut guna mempertahankan keaslian dan orisinilitas dari kampung ini. (*)
Komentar

Tampilkan

Terkini