Breaking News

1300 Peserta Dari 18 Negara Konfirmasi Ikut Pada L'etape Indonesia 2020 di Mandalika

Dispar NTB bersama instansi lainnya gelar rapat persiapan L'etape Indonesia 2020
Mataram (postkotantb.com)- Bertempat di Hotel Golden Palace, Rabu (4/3) Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Asisten dua Setda NTB, Korem, Polda dan Perwakilan L'etape Indonesia menggelar rapat persiapan Lomba Balap Sepeda L'etape Indonesia 2020 yang bakal di gelar pada tanggal 3-5 April Mendatang.

Dalam rapat ini sejumlah kendala di bahas diantaranya edaran Kementerian Hukum dan Ham yang mengharuskan warga negara asing yang masuk ke Indonesia harus menyertakan surat keterangan dalam kondisi sehat dan tidak terpapar virus corona.

Kadispar NTB Lalu Mohammad Faozal mengatakan, pihaknya bersama penyelenggara akan segera melakukan konsultasi terkait edaran tersebut.

"Ada peraturan menteri yang baru bahwa WNA yang masuk ke Indonesia harus dalam kondisi sehat dengan diserai surat keterangan kesehatan dari negaranya, ini yang akan kami bahas nanti tentu saja ini sangat penting," jelas Faozal.

Meski demikian Faozal menegaskan Pemprov NTB siap menjadi tuan rumah ajang balap sepeda tingkat internasional tersebut.

Hal senada juga di sampaikan oleh Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani. Ia mengatakan aturan dari menteri tersebut sangat bagus untuk mencegah penularan virus corona.

"Saya kira bagus ya, bagaimanapun kita juga harus melindungi rakyat, kita tidak ingin ada warga yang terpapar virus mematikan tersebut," ujar Rizal.

Untuk pengamanan saat pelaksaan lomba, Rizal menyatakan pihaknya bersama Polda NTB dan instansi terkait akan menyiapkan  Standar Operasional Prosedur (SOP) pengamanan di titik titik tertentu yang berpotensi rawan.

"Kami akan menyiapka SOP saat pelaksanaan lomba nanti, tentu ada beberapa titik atau rute yang berpotensi rawan gangguan dan ini menjadi atensi kami," papar Rizal.

Sementara Direktur L'etape Indonesia Zacky badrudin menerangkan sampai hari ini (Rabu, 4/3) jumlah peserta yang mendaftar dan mengkonfirmasi even tersebut sebanyak 1300 orang dari 18 negara.

"1300 yang sudah mendaftar dari 18 negara dan di perkirakan jumlah keseluruhan selain pembalap dan official akan mencapai 5 ribu orang yang akan hadir," urai Zacky.

L'etape Indonesia yang akan di gelar di Kawasan Mandalika akan di perlombakan dua kategori yakni, Long Route (Rute Panjang) dengan jarak 125 Kilometer dan Short Route (Rute Pendek) dengan jarak 75 Kilometer.

Untuk rute panjang di perkirakan akan di ikuti 1000 orang peserta sementara untuk rute pendek akan di ikuti 300 peserta.(RZ)

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close