Breaking News

Luhut Instruksikan Infrastruktur KEK Mandalika Tuntas Sebelum MotoGP Digelar

Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan hari ini, Jum'at mengunjungi KEK Mandalika
Lombok Tengah (postkotantb.com)- Hari ini, Jum'at (6/3), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) RI, Luhut Binsar Panjaitan, melakukan kunjungan kerja di Provinsi NTB untuk memastikan seluruh infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, dalam menyambut perhelatan berskala internasional MotoGP pada tahun 2021 mendatang berjalan lancar.

Luhut meminta semua infrastruktur pendukung kawasan Mandalika seperti Bandara, Jaringan  Telekomunikasi, Listrik, Rumah Sakit, Jalan, Pelabuhan dan sistem pengolahan sampah di Kawasan Mandalika, semuanya harus tuntas sebelum MotoGP 2021 dihelat.

Selain itu, Luhut juga meminta seluruh kendala pengerjaan proyek agar dilaporkan. Ia berharap semua peroyek berjalan baik dan berkualitas standar Internasional.

Khusus Pembangunan Sirkuit MotoGP, Luhut meminta ITDC melibatkan pengawas internasional, agar proyek betul-betul berstandar Internasional. "Jangan sampai nanti sudah jadi, tidak sesuai standar yang mereka inginkan, lalu bongkar lagi, itu susah, karena butuh cost lagi," ujarnya.

Luhut juga mengingatkan ITDC, untuk menyediakan fasilitas pengolahan sampah yang memadai di kawasan Mandalika. Selain fasilitas tersebut, ITDC juga diminta untuk membuat Bank Sampah sebagai tempat penampungan sampah yang memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat.

"Kita semua harus memastikan Kawasan Mandalika ini betul-bentul bersih. Jangan sampai kita sukses menyelenggara MotoGP tapi kawasannya kotor," ujarnya.

Ia meminta seluruh pihak terkait untuk lebih intens melakukan inspeksi perkembangan pengerjaan proyek. Yang paling penting adalah sarana komunikasi, ia meminta fasilitas komunikasi harus sudah modern, bahkan harus jaringan 5G.

"Ini sangat penting untuk mengatasi segala potensi bencana alam yang akan terjadi," pungkasnya.

Sedangkan Direktur ITDC Abdulbar M Mansoer juga optimis seluruh infrastruktur untuk menyambut perhelatan MotoGP 2021, seperti Bandara, Jalan By Pass Bandara menuju KEK, Pelabuhan, Rumah Sakit Mandalika, Sarana Telekomunikasi akan dapat dituntaskan sebelum perhelatan berkala Internasional itu pada bulan Oktober 2021.(RZ)

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close