Upaya Desa Wisata Tete Batu Menjadi Destinasi Wisata unggulan di Tengah Keterbatasan Anggaran

, Saturday, March 07, 2020 WIB Last Updated 2020-03-07T04:38:28Z
Kepala Desa Tete Batu Zohri Rahman berupaya membuat Desa Tete Batu menjadi destinasi wisata unggulan
Lombok Timur (postkotantb.com)- Keindahan alam pegunungan, air terjun Jeruk Manis serta keunikan budaya menjadi daya tarik dan menjadi magnet banyak wisatawan asing dan dalam negeri untuk menjelajah kaki Gunung Rinjani khususnya di Desa Tete Batu Selatan Kecamatan Sikur. 

Namun untuk menjadikan Desa Tete Batu menjadi destinasi unggulan bukan tanpa kendala. Minimnya anggaran bantuan dari pemerintah menjadi kendala klasik. Tapi bagi Kepala Desa Tete Batu sekaligus pemilik Home Stay Green Ori inn Zohri Rahman, mengatakan persoalan anggaran bantuan dari pemerintah tersebut di nilai sebagai sebuah tantangan dan motivasi.

"Kalau kita punya dana sedikit jangan mengeluh, justru itu tantangan yang membuat kita semakin cerdik memanfaatkan dana yang ada," ujarnya. 

Mensiasati keterbatasan anggaran tersebut memaksa Zohri berpikir kreatif. Sejumlah dusun yang memiliki potensi wisatapun di garap menjadi destinasi unggulan. Misalnya di Dusun Lendang Penyonggok dan Dusun Keselet Aren akan dibuat pengolahan gula semut dari pohon Nira dan agrowisata dengan komoditi seperti Durian, Alpokat dan lainnya. 

"Selain rekreasi diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada wisatawan untuk berbelanja buah," ujarnya.

Untuk menunjang spot wisata tersebut khusus untuk SDM pengelola, Zohri mengatakan terus memberikan edukasi kepada masyarakat di dua dusun tersebut pentingnya Sapta Pesona. Sapta Pesona yang digalakkan antara lain menciptakan rasa aman, tertib bersih, sejuk, indah dan kenangan. Dalam gerakan ini masyarakat di ajak untuk bersikap layaknya tuan rumah yang baik sekaligus bagaimana menjadi wisatawan yang baik pula," pungkas Zohri. (apri).
Komentar

Tampilkan

Terkini