Selama Dua Pekan Kedepan Ditlantas Polda NTB Gelar Operasi Keselamatan Gatarin 2020

Selama Dua Pekan Kedepan Ditlantas Polda NTB Gelar Operasi Keselamatan Gatarin 2020

, Monday, April 06, 2020 WIB Last Updated 2020-04-06T11:23:01Z
Selama dua pekan jajaran Ditlantas Polda NTB akan menggelar Operasi Keselamatan Gatarin 2020

Mataram (postkotantb.com)- Terhitung mulai hari ini Senin (6/4) hingga dua pekan kedepan, Ditlantas Polda NTB akan menggelar Operasi Keselamatan Gatarin 2020. Operasi ini akan mengutamakan teguran terhadap pengendara yang melanggar.

Operasi Gatarin ini bertujuan untuk menertibkan masyarakat dalam berlalu lintas. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan Kamseltibcar (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran) dan mencegah penyebaran virus Covid-19 serta juga cipta kondisi menjelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri.

“Dimulai selama 14 hari terhitung sejak Senin sampai dengan Minggu tanggal 19 April 2020. Operasi tersebut akan dilaksanakan di seluruh wilayah hukum Polda Nusa Tenggara Barat. ” ujar Direktur Lalu Lintas (Dir Lantas) Polda NTB Komisaris Besar (Kombes) Pol Amin Litarso, SH selaku Kasatgasopsda dalam Operasi ini pada Senin  (6/4).

Polda NTB dan jajaran akan ditempatkan di sejumlah titik yang menjadi atensi. “personel gabungan Polda NTB dan serta jajaran,” kata mantan Wadirlantas Polda Sulawesi Tengah tersebut.

Selain kesadaran berlalu lintas, operasi itu akan dimanfaatkan polisi untuk melakukan sosialiasi pencegahan dan penyebaran virus corona atau Covid-19.  “Nanti disosialiasikan juga pencegahan Covid-19, di setiap titik giat, akan kita siapkan alat sosialisasi pencegahan Covid-19 seperti spanduk dan juga pengeras suara,” jelas Amin.

Operasi kali ini juga akan diisi dengan kegiatan penyuluhan sekaligus penyemprotan disinfektan.  “Berhubung saat ini masa corona, maka kita operasinya untuk pencegahan. Kegiatannya nanti penyuluhan dan penyemprotan, physical distancing (jaga jarak-red),” kata Dirlantas ini.

Amin Litarso mengungkapkan, polisi akan mengedepankan teguran terhadap pengendara yang melanggar. Tindakan tilang diberlakukan bagi pelanggar yang dapat membahayakan jiwa orang lain.

“Tindakan tilang ditiadakan, kecuali pelanggaran yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas dan juga kecelakaan yang menonjol, namun Operasi Keselamatan Gatarin 2020 kali ini difokuskan pada preemtif (Himbauan), dan preventif (Pengendalian) di tengah masih merebaknya virus Covid-19 serta melibatkan unsur TNI dan lembaga lainnya.” tutup Amin.(RZ)
Komentar

Tampilkan

Terkini